Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suami Dapat PS5 dari Istri karena Berat Badan Turun 10 Kg

Kompas.com - 02/11/2022, 12:30 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Mothership

KOMPAS.com - Demi bisa dibelikan konsol Sony PlayStation 5 (PS5) oleh istrinya, seorang pria asal Bangkok rela menjalani tantangan diet dan menurunkan berat badannya hingga 10 kilogram.

Pria bernama Prab Laoharojanaphan menceritakan "tantangan" menurunkan berat badan berhadiah PS5 dari sang istri, melalui akun Facebooknya.

“Ketika istri Anda berkata ‘turunkan (berat badan) 10 kg dan saya akan membelikanmu PS5’,” tulis Laoharojanaphan di akun Facebook-nya 18 Oktober lalu. Ia juga menyertakan foto dirinya sebelum dan sesudah diet, yang nampaknya berhasil ia capai.

Baca juga: 5 Aplikasi untuk Bantu Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet Ekstrem

Sebab foto kedua menampilkan badan Laoharojanaphan yang terlihat lebih sehat, dengan foto konsol PS5 di sisinya. 

Dikutip KompasTekno dari Mothersip, Selasa (2/11/2022), Laoharojanaphan mengatakan bahwa ia dan istrinya kemungkinan akan membeli game konsol PS5 pada akhir November ini.

Turun 10 Kg berkat puasa

Dalam unggahan yang sama, dirinya juga membocorkan strategi dari diet dan pola makan yang dilakukan selama proses menurunkan berat badan. Pola hidup dan diet tersebut dilakukan selama empat bulan.

Baca juga: Rumor PS5 Pro: Bocoran Spesifikasi dan Waktu Peluncuran

Dimulai dari melakukan puasa yang bernama intermittent fasting. Jenis puasa ini tidak memiliki pantangan makanan apapun. Hanya saja ada jendela untuk makan dan jendela untuk menahan nafsu makan.

Laoharojanaphan, dalam hal ini, memulai intermittent fasting dengan pola 16-8, yaitu boleh makan apa pun selama delapan jam dan puasa menahan lapar selama 16 jam.

Pola puasa lainnya juga dilakukan secara bertahap dengan memangkas durasi makan. Misalnya, boleh makan apa pun empat sampai enam jam, setelah itu harus menahan makan 18 hingga 20 jam.

Dari penjelasan Laoharojanaphan di Facebook, ia tengah menjalankan pola makan 20-4 (20 jam puasa dan 4 jam makan) dan makan sebanyak satu kali dalam sehari.

Selama proses menurunkan berat badan, ia juga mengisi waktunya dengan berolahraga. Terdapat dua jenis olahraga yang dilakukan, yaitu latihan cardio dan latihan strength.

Ilustrasi PS5 dengan controller DualSense.Techspot Ilustrasi PS5 dengan controller DualSense.

Sementara itu, pemilihan makanan yang ia lakukan adalah 80 persen diet keto dan 20 persen lainnya dialokasikan untuk makan apa pun sebagai reward bagi tubuh.

Diet: 80 persen keto, 20 persen hadiah (menghargai momen (diet) dengan pergi makan di luar bersama teman atau acara spesial lainnya),” tulis Laoharojanaphan.

Baca juga: Dua Tahun Meluncur, PS5 Sudah Ada Jailbreak-nya

Dedikasi menurunkan berat badan dilakukannya dengan disiplin hingga bobot badannya berhasil turun sebanyak 10 Kg. Kendati begitu, pola diet yang dilakukan tidak sembarangan.

Sebab, Laoharojanaphan mengatakan bahwa dirinya juga membaca buku berjudul “The Obesity Code - Unlocking the Secrets of Weight Loss”. Edukasi pola hidup yang sehat ia dapatkan dari buku tersebut sehingga membuat dirinya paham apa saja yang harus dilakukan.

“Kami perlu sejumlah edukasi untuk memahami penyebab yang kompleks akibat obesitas dan menggunakan edukasi tersebut untuk menciptakan strategi (diet) yang cocok untuk tubuh dan gaya hidup kita,” tutup Laoharojanaphan.

Saat diwawancara oleh Mothership, Laoharojanaphan menjawab bahwa ia akan tetap menjalankan pola hidup sehat seperti saat ini. Dikarenakan kebiasaan makannya telah berubah dan berat badannya akan terus turun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mothership
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com