Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang ASO Jabodetabek, Distribusi STB Gratis Diklaim 98 Persen

Kompas.com - 02/11/2022, 18:57 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jelang penghentian siaran TV analog (Analog Switch Off) di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) pada tengah malam ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengeklaim distribusi set-top-box (STB) gratis telah capai 98 persen.

Pembagian STB gratis ini dilakukan Kominfo guna membantu masyarakat bermigrasi dari siaran TV analog ke digital, bagi rumah tangga miskin di Jabodetabek.

STB adalah alat yang untuk mengonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara agar dapat ditampilkan di TV analog. Dengan alat ini, masyarakat tetap dapat menggunakan TV analog atau smart TV-nya untuk menangkap siaran TV digital.

Baca juga: Warga Jabodetabek Tak Bisa Nonton Siaran TV Analog Mulai Tengah Malam Ini

Per 31 Oktober, distribusi STB di Jabodetabek diklaim mencapai 98,7 persen atau setara 473.308 unit dari target 479.307 unit STB. Pasalnya 60.791 STB di antaranya gagal serah karena rumah tangga miskin (RTM) terkait tidak memenuhi kriteria penerima.

Tak hanya bagi RTM di Jabodetabek, Kominfo dan TV swasta juga membagikan STB gratis bagi RTM di wilayah lainnya di Indonesia.

Dalam lingkup nasional, jumlah STB gratis yang bakal dibagikan adalah 6,7 juta unit. Dari jumlah tersebut Kominfo mengeklaim total STB yang sudah dibagikan hingga 31 Oktober adalah sebanyak 1.055.360 unit, termasuk unit STB gratis di Jabodetabek.

Ilustrasi STB Matrix Apple Kuning.matrixparabola.com Ilustrasi STB Matrix Apple Kuning.

Adapun kriteria penerima STB gratis yaitu RTM yang terdaftar di dalam desil 1 data Percepatan Pensasaran Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE). Khusus Provinsi DKI Jakarta, kriterianya yaitu RTM yang terdaftar pada data carik desil 1 Provinsi DKI Jakarta.

Baca juga: Belum Dapat STB Gratis dari Pemerintah? Chat ke Nomor WhatsApp Ini

Cara ajukan STB gratis mandiri

Bagi RTM yang belum menerima bantuan STB gratis karena kendala di lapangan hingga 2 November, mereka bisa mengajukan STB gratis secara mandiri. Caranya dengan menghubungi call center 159 atau melalui nomor Posko Respon Cepat Penanganan Bantuan STB terdekat.

  • Masyarakat juga bisa melakukan pengecekan apakah termasuk RTM atau tidak melalui situs bantuan STB Kominfo. Berikut caranya:
  • Buka website https://cekbantuanstb.kominfo.go.id/,
  • Masukkan NIK dan kode captcha pada kolom yang tersedia
  • Klik “Pencarian”
  • Jika terdaftar sebagai penerima bantuan, maka masyarakayt dapat menghubungi Call Center 159 atau mendatangi lokasi Posko Respon Cepat Penanganan Bantuan STB dengan membawa KTP dan KK asli
  • Bila mengalami kendala dalam mengakses website, masyarakat dapat menghubungi Call Center 159 atau nomor telepon posko

Daftar nomor telepon Posko Respon Cepat Penanganan Bantuan STB di Jabodetabek

  • DKI Jakarta - 082123816097
  • Kota Depok - 082123816099
  • Kota/Kabupaten Bekasi - 082123816095
  • Kota/Kabupaten Tangerang - 082123816096
  • Kota Tangerang Selatan - 082123816098
  • Kota/Kabupaten Bogor - 081212820047

Seperti diketahui, mulai tengah malam ini, 2 November 2022 pukul 24.00 WIB, siaran TV analog yang sudah dinikmati masyarakat Indonesia selama lebih dari 60 tahun akan dialihkan ke siaran TV digital.

Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek), menjadi wilayah pertama yang migrasi ke siaran TV digital sepenuhnya tengah malam nanti.

Dengan demikian, masyarakat di Jabodetabek yang masih memiliki TV analog di rumah tidak bisa lagi menonton siaran TV.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com