Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Sebar Info Hari Kematian Aplikasi Street View

Kompas.com - 03/11/2022, 07:47 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber 9to5Google

KOMPAS.com - Google bakal menutup aplikasi mandiri (standalone) Google Street View pada Maret 2023. Bukan layanan Street View yang akan ditutup, tetapi hanya aplikasinya.

Kabar penghentian operasi aplikasi Google Street View ini itu terungkap dalam pemberitahuan di dalam aplikasi Google Street View versi terbaru 2.0.0.484371618.

"Aplikasi Street View akan pergi. Aplikasi ini akan dihentikan dan dukungan akan berakhir pada 21 Maret 2023," bunyi notifikasi di dalam aplikasi.

Google belum mengungkap alasan penghentian aplikasi "jalan-jalan virtual" Street View ini.

Setelah aplikasi tersebut disetop pada Maret 2023, pengguna hanya bisa mengakses fitur Street View secara manual lewat web atau aplikasi Google Maps di ponsel.

Aplikasi Google Street View ditutup 21 Maret 2023.9to5Google Aplikasi Google Street View ditutup 21 Maret 2023.
Selama ini, aplikasi Google Street View lahir sebagai perpanjangan dari fitur Street View di layanan peta digital Google Maps. Hingga kini, aplikasi Street View telah diunduh hingga 1 miliar kali di Google Play Store.

Aplikasi yang dirilis pada September 2010 ini secara khusus dapat digunakan pengguna untuk foto menikmati panorama jalanan dalam format 360 derajat, tanpa harus membuka layanan Google Maps.

Baca juga: Cara Menghapus Foto Rumah di Google Street View

Tak hanya itu, pengguna juga bisa meng-upload fotonya ke Street View lewat aplikasi standalone ini.

Di dalam aplikasi Google Street View, ada dua fitur utama yang bisa digunakan pengguna untuk membuat Street View-nya sendiri. Salah satu fitur ini bakal sepenuhnya hilang dan tak bisa digunakan pengguna.

Pertama, fitur Photo Sphere untuk mengunggah foto 360 derajat. Nantinya, setelah aplikasi Google Street View resmi ditutup, pengguna bisa menggunakan layanan Google Maps untuk mengunggah Photo Sphere.

Untuk mengunggah video 360 derajat, Google mengarahkan pengguna untuk beralih ke situs Street View Studio dengan URL https://streetviewstudio.maps.google.com/

Kedua, ada fitur Photo Path atau Jalur Foto untuk mempublikasi rangkaian foto bersambung. Fitur yang baru dirilis tahun lalu ini bakal sepenuhnya hilang karena tidak ada penggantinya di Google Maps, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari 9to5Google, Kamis (3/11/2022).

Baca juga: Mafia Buronan 20 Tahun Tertangkap berkat Google Street View

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber 9to5Google
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com