Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Link dan Cara Mengajukan Bantuan STB TV Digital Gratis dari Pemerintah

Kompas.com - 03/11/2022, 09:30 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

KOMPAS.com - Pemerintah memberikan bantuan berupa set top box (STB) gratis bagi masyarakat demi kelancaran program migrasi siaran TV analog ke TV digital atau Analog Switch Off (ASO).

STB adalah alat dekoder yang mampu mengonversi sinyal digtal menjadi gambar dan suara agar bisa ditampilkan di TV analog. Dengan STB, masyarakat bisa menonton siaran TV digital di televisi analog.

Total, ada 6,7 juta unit STB gratis yang akan didistribusikan. Subsidi tersebut berasal dari komitmen Lembaga Penyelenggara Multipleksing (LPS) sebanyak 5,7 juta uit dan pemerintah sebanyak 1 juta unit.

Namun, tidak semua masyarakat berhak menerima subsidi STB gratis. Hanya masyarakat yang masuk kategori Rumah Tangga Miskin (RTM) saja yang berhak mendapat subsidi STB gratis.

Baca juga: Mengapa TV Analog Perlu STB atau Digital TV Box untuk Nonton Siaran TV Digital?

Hal itu sesuai amanat PP No. 46 tahun 2021 tentang Pos, Telekomunikasi dan Penyiaran yang menyebut bahwa distribusi STB ditujukan pada RTM berdasarkan desil-1 dalam data Percepatan Pensasaran Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE).

Desil-1 merujuk pada kelompok rumah tangga yang tingkat kesejahteraanya masuk dalam 10 persen terendah, menurut Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K). Sehingga, hanya rumah tangga yang masuk dalam desil-1 di data P3KE saja yang berhak menerima subsidi STB gratis.

Nah, bagi masyarakat yang masuk kategori RTM, namun belum mendapatkan STB gratis hingga tanggal 2 November, Kominfo membuka posko pengajuan mandiri melalui URL https://cekbantuanstb.kominfo.go.id/.

"RTM yang masih membutuhkan bantuan STB dapat mengajukan secara mandiri dengan menghubungi call center 159 atau ke nomor telepon Posko Respon Cepat Penanganan Bantuan STB terdekat," tulis Kominfo dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Rabu (2/11/2022).

Cara mengajukan penerimaan STB gratis di posko bantuan penanganan STB, bisa dilakukan dengan langkah berikut.

Baca juga: Belum Dapat STB Gratis dari Pemerintah? Chat ke Nomor WhatsApp Ini

Cara mendapatkan STB gratis dari pemerintah

Tangkapan layar laman https://cekbantuanstb.kominfo.go.id/ yang bisa digunakan masyarakat untuk mengajukan bantuan STB gratis secara mandiri.Kominfo Tangkapan layar laman https://cekbantuanstb.kominfo.go.id/ yang bisa digunakan masyarakat untuk mengajukan bantuan STB gratis secara mandiri.

  • Buka laman https://cekbantuanstb.kominfo.go.id/
  • Masukkan NIK dan kode captcha pada kolom yang tersedia
  • Klik "Pencarian"
  • Apabila terdaftar sebagai penerima bantuan, bisa menghubungi kontak 159 atau mendatangi lokasi Posko Respon Cepat Penanganan Bantuan STB dengan membawa KTP dan KK asli
  • Jika ada kendala dalam mengakses website di atas, Anda bisa menghubungi kontak 159 atau nomor telepon posko.

Perlu dicatat, hanya masyarakat yang terdaftar sebagai RTM atau yang memenuhi syarat saja yang berhak menerima subsidi STB gratis. Adapun Posko Respon Cepat Penanganan Bantuan STB untuk wilayah Jabodetabek sudah dibuka sejak 2-4 November 2022. Posko beroperasi pukul 08.00-19.00 di beberapa lokasi sebagai berikut.

Baca juga: Masyarakat Bisa Ajukan Permintaan STB Gratis di Posko Kominfo

Daftar kontak dan lokasi posko bantuan STB gratis

Prov. DKI Jakarta

  • Lokasi: The Akmani Hotel, M-Floor, Ruang Venezia 2, Jl. H Wahid Hasyim No.91, Jakarta Pusat
  • Kontak: 082123816097

Kota Depok

  • Lokasi: Hotel Bumi Wiyata, lantai dasar Ruang Wahidin, Jl. Margonda Raya No.281, Kota Depok
  • Kontak: 082123816099

Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi

  • Lokasi: Hotel Amaroossa Grande, lantai lobi, Ruang Taj Mahal, Jl. A. Yani No.88, Kota Bekasi
  • Kontak: 082123816095

Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang

  • Lokasi: Hotel Novotel, lantai PL, Ruang Eureka, Jl. Jend. Sudirman No.1, Kota Tangerang
  • Kontak: 082123816096

Kota Tangerang Selatan

  • Lokasi: Grand Zuri BSD City, lantai 2, Ruang Mulia 4, Jl. Pahlawan Seribu, Kota Tangerang Selatan
  • Kontak: 082123816098

Kota Bogor, Kabupaten Bogor

  • Lokasi: Hotel Salak The Heritage, lantai 2 Ruang Batu Tullis dan lantai 1 Ruang Burangrang, Jl. Ir. H. Juanda No.8, Kota Bogor
  • Kontak: 081212820047

Masyarakat juga bisa menghubungi kontak Kominfo apabila masih memiliki pertanyaan seputar ASO ke nomor telepon 159 atau chat via WhatsApp ke nomor 08118202208.

Kominfo mengeklaim sudah mendistribusikan 1.055.360 unit STB per 31 Oktober 2022. Untuk wilayah Jabodetabek, Kominfo menyebut 473.308 STB sudah dibagikan. Jumlah itu merepresentasikan 98,7 persen dari total target 479.307 unit STB untuk wilayah Jabodetabek.

Kominfo mengatakan, dari total calon penerima bantuan STB gratis di Jabodetabek, sebanyak 60.791 di antaranya tidak memenuhi kriteria/gagal serah.

Baca juga: 5 STB Murah buat Nonton Siaran TV Digital, Mulai Rp 100.000-an

ASO mulai 2 November

Pemerintah akhirnya memastikan migrasi TV analog ke TV digital pada 2 November 2022, setelah beberapa kali mengalami perubahan jadwal. Proses migrasi dilakukan secara bertahap di 222 kabupaten/kota di Indonesia.

Dari jumlah itu, 9 di antaranya adalah kabupaten/kota di wilayah Jabodetabek dan 173 kabupaten/kota non-terrestrial service yang tidak lagi mendapat sinyal TV biasa. Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate, ada total 514 kabupaten dan kota di Indonesia yang migrasi siaran TV analog ke digital.

Dari jumlah ini, 222 wilayah akan migrasi ke TV digital pada 2 November. Sementara 292 wilayah lainnya akan ASO setelah 2 November, sesuai dengan kesiapan setiap wilayah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com