Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kamera Xiaomi 12S Ultra Concept Bisa Dipasangi Lensa Leica

Kompas.com - 03/11/2022, 10:45 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Fonearena

KOMPAS.com - Xiaomi menyulap ponsel flagship terbarunya, Xiaomi 12S Ultra menjadi seperti kamera mirrorless, dengan lensa yang bisa dilepas-pasang.

Modul kamera Xiaomi 12S Ultra dimodifikasi sehingga bisa menampung lensa kamera eksternal dari Leica, khususnya lensa Leica M-series yang dikenal sebagai lensa kompak.

Xiaomi menyebut ponsel ini sebagai Xiaomi 12S Ultra Concept. Ponsel konsep ini dipamerkan langsung oleh Xiaomi melalui sebuah video berdurasi 2 menit 26 detik di situs microblogging China, Weibo.

Dari segi tampang, ponsel Xiaomi 12S Ultra Concept ini sama persis seperti ponsel Xiaomi 12S Ultra yang dirilis pada Juli lalu di China.

Baca juga: Spesifikasi Xiaomi 12S Ultra yang Perdana Pakai Kamera Leica

Hanya saja, Xiaomi pinggiran modul kamera belakang yang berbentuk lingkaran besar itu kini dijadikan sebagai mounting lensa eksternal.

Xiaomi 12S Ultra Concept.9to5Google Xiaomi 12S Ultra Concept.
Dengan mounting itulah Xiaomi 12S Ultra Concept bisa dipasangkan lensa kamera eksternal Leica M-series.

Sama seperti kembarannya, Xiaomi 12S Ultra Concept sudah dibekali spesifikasi kamera yang istimewa, seperti kamera utama 50 MP dengan sensor Sony IMX989 yang berukuran 1 inci.

Sensor kamera itu terbilang istimewa, sebab ini merupakan pertama kalinya Sony meluncurkan sensor kamera dengan ukuran 1 inci. Sebelum-sebelumnya, ukuran sensor Sony lebih kecil dari 1 inci.

Cara memasang lensa eksternal pada Xiaomi 12S Ultra Concept ini sama seperti memasang lensa pada kamera DSLR atau mirrorless, hanya dengan ditempelkan lalu diputar hingga bunyi "klik".

Baca juga: Foto Hasil Jepretan Kamera 108 MP Xiaomi 12 Lite, Siang dan Malam

Saat memotret menggunakan lensa eksternal, pengguna tetap bisa mengakses fitur fotografi di ponsel seperti grid, histogram, focus peaking, dan lainnya, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari FoneArena, Kamis (3/11/2022).

Karena merupakan ponsel konsep (concept phone), Xiaomi 12S Ultra Concept hanya dipamerkan saja oleh Xiaomi, tidak untuk dijual ke publik. Namun, tidak menutup kemungkinan pula bila ponsel ini bisa dipasarkan di masa mendatang.

Hasil foto Xiaomi 12S Ultra Concept dengan lensa eksternal.Xiaomi via Fonearena Hasil foto Xiaomi 12S Ultra Concept dengan lensa eksternal.
Spesifikasi Xiaomi 12S Ultra

Xiaomi 12S Ultra memiliki dimensi bodi 163.2 x 75 x 9.1 mm dan berat 225 gram. Layarnya menggunakan panel AMOLED LTPO 2.0 dengan bentang 6,73 inci. Lalu, resolusi yang dimiliki mencapai 2K (2.000 piksel) dan perbandingan rasio 20:9.

Ponsel ini turut mendukung refresh rate hingga 120Hz, kerapatan piksel 521 PPI, dan kecerahan layar hingga 1.500 nits. Selain itu, layarnya juga dibekali Dolby Vision dan sertifikasi HDR 10+ serta perlindungan Corning Gorrila Glass Victus. 

Baca juga: Harga Terbaru HP Xiaomi Agustus 2022, Xiaomi 12 Turun Rp 1 Juta

Di sektor fotografi, Xiaomi 12S Ultra dibekali kamera selfie 32 MP serta tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 50 MP (sensor Sony IMX989 berukuran 1 inci), kamera ultra-wide beresolusi 48 MP, dan kamera telefoto beresolusi 48MP.

Xiaomi 12S Ultra ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1, dipadukan dengan kombinasi RAM 8 GB/256GB, 12 GB/256 GB, dan 12 GB/512 GB. Ponsel ini dibekali baterai 4.860mAh yang juga didukung fitur fast charing dengan daya 67 watt.

Untuk software, Xiaomi 12S Ultra menjalankan Android 12 yang dilapisi antarmuka (UI) MIUI 13. Fitur-fitur lain yang dibawa Xiaomi 12S Ultra di antaranya sensor sidik jari di bawah layar, speaker Harman Kadon, Wi-FI 6e, Bluetooth 5.2, IR Blaster, dan chipset power management Surge G1.

Xiaomi 12S Ultra tersedia dalam dua warna, yaitu hitam (Black) dan hijau gelap (Dark Green). Ponsel ini dibanderol sekitar 950 euro atau setara Rp 14,8 juta.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Fonearena


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com