Kompas.com - 03/11/2022, 12:53 WIB

KOMPAS.com - Suntik mati siaran tv analog atau Analog Switch Off (ASO) di wilayah DKI Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) resmi dilakukan pada Rabu (2/11/2022) pukul 24.00 WIB.

Artinya, mulai Kamis (3/11/2022) pukul 00.00 atau dini hari tadi, masyarakat di Jabodetabek sudah tidak bisa menyaksikan siaran TV analog dan wajib beralih ke TV digital.

Karena sudah dimatikan, masyarakat Jabodetabek hanya akan melihat layar "semut" bila menonton siaran TV analog hari ini.

Namun, menurut penuturan sejumlah warga, ada sejumlah channel yang masih bisa ditonton pada hari pertama suntik mati TV digital, Kamis ini.

Salah satunya Rosmawati yang tinggal di Kampung Babakan, Kabupaten Tangerang. Ia mengatakan, channel TV milik Grup MNC seperti RCTI, MNC TV, dan GTV masih "on" alias bisa ditonton hari ini.

Baca juga: Cara Setting Set Top Box TV Digital di TV Analog Biasa dan Mencari Sinyalnya

"Pagi tadi sudah nyalain TV. Kalau Indosiar, SCTV itu sudah mati, sudah hitam. Kalau RCTI, MNC TV, GTV masih hidup," kata Rosmawati saat ditemui KompasTekno di kediamannya Kamis, (3/11/2022).

Senada dengan Rosmawari, beberapa warga di perumahan Dasana Indah, Kabupaten Tangeran dan warga di Kampung Makasar, Jakarta Timur juga menuturkan hal serupa.

Mereka juga masih bisa menonton tayangan di channel Grup MNC dan ANTV. Uto yang tinggal di perumahan Dasana Indah, Kabupaten Tangerang menambahkan bahwa channel CTv juga masih hidup.

Pantauan KompasTekno, di wilayah Kabupaten Bogor pun masih ada siaran televisi analog yang masih bisa disaksikan yakni RCTI, MNC TV, iNews, GTV, serta ANTV.

Menurut laporan tim Posko Pemantauan Pengentian Siaran Analog, pada hari pertama ASO Jabodetabek memang masih ada 5 dari 25 dari stasiun TV yang masih "on", yaitu empat stasiun TV milik Grup MNC dan ANTV.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.