Kompas.com - 03/11/2022, 14:15 WIB

KOMPAS.com - Siaran TV analog dimatikan mulai 2 November 2022 di sejumlah wilayah, termasuk Jabodetabek. Saat siaran TV analog dimatikan, masyarakat yang berada di wilayah terdampak ASO (Analog Switch Off) hanya bisa nonton siaran TV digital.

Adapun salah satu cara untuk nonton siaran TV digital adalah dengan menggunakan TV analog biasa lama yang telah terpasang perangkat tambahan Set Top Box (STB) atau biasa juga disebut Digital TV Box.

Baca juga: Mengapa TV Analog Perlu STB atau Digital TV Box untuk Nonton Siaran TV Digital?

Pemasangan STB di TV analog atau TV non-digital bisa dikatakan cukup mudah. Namun, bukan berarti tak ada kendala. Salah satu kendalanya misal tidak ada sinyal siaran TV digital yang ditangkap STB pada TV analog.

Penyebab tidak ada sinyal siaran TV digital itu bisa ditimbulkan salah satunya lantaran terdapat kesalahan dalam pemasangan STB. Selain itu, dapat pula diakibatkan karena wilayah domisili belum terjangkau sinyal siaran TV digital.

Bila menjumpai persoalan semacam ini, lantas bagaimana cara memperbaiki sinyal siaran TV digital yang tidak ada setelah TV analog biasa dipasang STB? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah cara mengatasi sinyal siaran TV digital yang tidak ada setelah pasang STB.

Cara mengatasi sinyal siaran TV digital yang tidak ada setelah pasang STB

1. Pastikan STB telah terpasang dengan benar

Cara memasang STB agar tv biasa bisa dapat siaran digitalKOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Cara memasang STB agar tv biasa bisa dapat siaran digital

Cek Set Top Box telah terangkai dengan benar. Pastikan kabel antena penangkap sinyal terhubung di port “ANT IN” pada Set Top Box. Kemudian, pastikan pula kabel HDMI atau kabel AV terpasang di port yang tepat pada STB dan TV analog.

Seandainya itu semua tidak terangkai dengan tepat maka ada dua kemungkinan yang dapat terjadi. Pertama, STB tidak dapat menerima sinyal dari antena. Kemudian, bisa juga TV analog tidak dapat membaca menu STB.

Alhasil, TV analog tidak dapat dipakai buat nonton siaran digital meski telah terpasang STB. Untuk penjelasan yang lebih lengkap mengenai pemasangan STB di TV analog, silakan baca di artikel ini "Cara Memasang Set Top Box di TV Non-digital”.

2. Cek sinyal siaran TV digital yang tersedia di wilayah domisili

Cara melihat daftar konten siaran TV Digital di wilayah Anda lewat aplikasi SinyalTVDigital.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Cara melihat daftar konten siaran TV Digital di wilayah Anda lewat aplikasi SinyalTVDigital.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.