Kompas.com - 03/11/2022, 15:01 WIB

KOMPAS.com - Analog Switch Off (ASO) atau suntik mati siaran televisi analog untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek), dilakukan pada Rabu, 2 November 2022 pukul 24.00.

Dengan dilakukannya ASO, masyarakat Jabodetabek tidak bisa lagi menyaksikan siaran TV analog per Kamis (3/11/2022) dini hari.

Meski sosialisasi sudah dilakukan jauh-jauh hari, masih ada warga yang mengaku kaget tidak televisinya tidak menampilkan siaran pagi ini.

Salah satunya warga yang tinggal di daerah Tambora, Jakarta Barat, bernama Yuni sempat kaget mendengar kabar terkait suntik mati siarain televisi analog.

“Tadi malam (aku) mastiin ternyata benar ada berita itu (soal migrasi televisi analog ke digital), ada informasi dari handphone juga. Aku coba (sudah) tidak bisa,” ujar Yuni saat diwawancarai oleh KompasTekno, Kamis (3/11/2022).

Baca juga: Kesepian dan Tidak Bisa Nonton Tinju, Cerita Mereka yang Tak Bisa Nonton TV Lagi Pagi Ini

Yuni baru mengetahui kabar mengenai kebijakan migrasi tersebut ia jarang menghabiskan waktu menonton televisi, kabar terkait migrasi ini diberitahu oleh ibunya di rumah.

Jadi, bisa dikatakan dirinya sama sekali tidak tahu menahu soal informasi suntik mati siaran TV analog oleh pemerintah. Bahkan, saat mendengar kabar dari ibunya, tanggapan Yuni skeptis.

Ia justru berkata pada ibunya kemungkinan besar informasi tersebut adalah hoaks (kabar palsu).

“Sebelumnya, ibuku bilang 'nanti tanggal 2 (November) televisi mati kalau tidak ada set-top-box (STB)'. Aku tidak terlalu percaya. Dibiarkan saja paling hoaks saja itu. Aku kira hanya wacana, ternyata benar,” imbuh Yuni.

Sikap skeptis ini juga muncul dari seorang ibu rumah tangga yang tinggal di daerah Krukut, Jakarta Barat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.