Kompas.com - 03/11/2022, 16:15 WIB

KOMPAS.com - Siaran TV analog dimatikan mulai 2 November 2022 di sejumlah wilayah, termasuk yang pertama adalah Jabodetabek. Sebagai gantinya, masyarakat yang berada di wilayah terdampak ASO (Analog Switch Off) hanya akan dapat menonton siaran TV digital.

Untuk menonton siaran TV digital, masyarakat tak perlu harus membeli perangkat TV digital baru. Perlu diketahui, siaran TV digital dapat ditonton apabila memiliki perangkat DVB-T2 (Digital Video Broadcasting – Terrestrial second generation).

Baca juga: Mengapa TV Analog Perlu STB atau Digital TV Box untuk Nonton Siaran TV Digital?

DVB-T2 sendiri adalah perangkat receiver sistem penyiaran televisi dengan sinyal digital. DVB-T2 umumnya tertanam langsung (built-in) di perangkat TV digital. Dengan keberadaan fitur itu, TV digital bisa langsung dipakai buat nonton siaran digital.

Selain perangkat TV digital, DVB-T2 juga tersedia di perangkat Set Top Box (STB) atau biasa disebut juga dengan Digital TV Box. STB itulah yang dapat dipakai masyarakat untuk nonton siaran TV digital tanpa harus beli perangkat TV digital baru.

Secara umum, terdapat tiga perangkat yang dibutuhkan buat nonton siaran TV digital tanpa harus beli perangkat TV baru. Lantas, apa saja alat yang dibutuhkan untuk nonton siaran TV digital tanpa perlu beli perangkat TV baru? Begini rincian ketiga alatnya.

Alat untuk nonton siaran TV digital tanpa beli TV baru

1. TV analog lama

Ilustrasi TV analog.Pexels/KoolShooters Ilustrasi TV analog.

Pertama, alat yang dibutuhkan adalah TV analog lama yang sudah biasa dipakai di rumah, bisa berjenis TV tabung, TV LCD, atau TV LED. TV analog pada dasarnya hanya dapat menerima konten audio dan video dari gelombang radio FM dan AM.

TV analog tidak bisa menerima konten dari sinyal digital berformat bit secara langsung lantaran tak memiliki fitur bawaan DVB-T2. Tapi, hal itu dapat diatasi dengan penggunaan perangkat tambahan Digital TV Box atau Set Top Box.

2. Set Top Box

Set Top BOX STBPolytron Set Top BOX STB

Set Top Box berfungsi untuk menerima sinyal digital lewat fitur DVB-T2 dan mengoversinya agar dapat ditayangkan di TV analog biasa. Set Top Box bisa didapatkan dengan mudah melalui beberapa marketplace seperti Shopee atau Tokopedia.

Baca juga: 5 Smart TV Murah buat Nonton Siaran TV Digital Tanpa STB, mulai Rp 1 Juta-Rp 2 Jutaan

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.