Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Status Pesan Terkirim di Google Message Dibuat Makin Mirip WhatsApp

Kompas.com - 03/11/2022, 17:03 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber 9to5Google

KOMPAS.com - Google melakukan uji coba tampilan baru terhadap aplikasi pesan bikinannya, Google Messages. Google Messages sendiri merupakan aplikasi pesan yang sudah dibekali teknologi Rich Communication Services atau RCS.

RCS sendiri bekerja seperti aplikasi pesan instan semisal WhatsApp. RCS dikirim menggunakan data, bukan SMS dan memiliki tanda/status pesan yang sudah terkirim dan terbaca.

Nah, sebelumnya, indikator dari pesan di Google Message menggunakan kata “Delivered” di bawah gelembung pesan (bubble chat) yang dikirim. Saat pesan sudah dibaca, notifikasi akan tertulis “Read”.

Baca juga: SMS di Android Bisa Dipakai Chatting Seperti WhatsApp, Begini Caranya

Uji coba tampilan baru dari Google Message9to5Google Uji coba tampilan baru dari Google Message
Ringkasnya, pesan yang masih proses terkirim, sudah terkirim, hingga terbaca, tertulis dalam bentuk kata. Dalam uji coba tampilan kali ini, notifikasi dari status pesan tersebut bukan lagi menggunakan kata, melainkan simbol ceklis atau centang mirip WhatsApp.

Tanda atau status pesan seperti ini sebenarnya tidak hanya digunakan oleh WhatsApp. Di aplikasi perpesanan Signal, status pesan yang dikirim juga ditampilkan dalam bentuk ceklis. Begitu pula di Telegram.

Nah, Google tampaknya ingin menggunakan tanda atau status pesan yang lebih familer di antara pengguna ketimbang menggunakan kata "delivered" dan "read".

Uji coba tampilan baru dari Google Message9to5Google Uji coba tampilan baru dari Google Message

Adapun status pesan terkirim akan muncul berupa centang dalam lingkaran. Simbol centang di satu lingkaran menandakan pesan terkirim, centang di dua lingkaran artinya pesan sudah diterima penerima, dan centang di dua lingkaran yang berwarna, tandanya pesan sudah terbaca.

Tanda atau status pesan dalam bentuk centang tersebut berlaku untuk chat personal dan grup. 

Perubahan yang dilakukan cukup serupa dengan platform perpesanan instan lainnya, salah satunya WhatsApp. Indikator status pesan yang terkirim dan terbaca juga diketahui dari jumlah centang dan warna yang muncul.

Baca juga: Tim Cook Jelaskan Alasan Apple Tolak Permintaan Google soal RCS

Dihimpun KompasTekno dari 9to5Google, Kamis (3/11/2022), penggunaan centang sebagai indikator pesan terkirim dan terbaca memang lebih umum digunakan.

Kendati demikian, belum diketahui kapan Google akan merilis tampilan baru tersebut secara merata ke semua pengguna Google Messages. Kemungkinan tampilan tanda atau status chat baru di Google Messages ini akan dirilis dalam beberapa waktu ke depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber 9to5Google
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com