Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DJI Mavic 3 Classic Meluncur, Lebih Murah Tanpa Kamera Tele

Kompas.com - 03/11/2022, 17:30 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber DJI

KOMPAS.com - DJI resmi menambah anggota baru dari drone Mavic 3 series, yaitu Mavic 3 Classic. Drone inimenjadi lini DJI Mavic 3 series yang paling murah, selain Mavic 3 dan Mavic 3 Cine yang meluncur lebih dulu pada November 2021.

Sebagai perbandingan, harga DJI Mavic 3 reguler dijual dengan banderol Rp 30-an juta saat dirilis. Sementara Mavic 3 Classic dijual mulai Rp 20 jutaan saja.

Selain harga, perbedaan Mavic 3 Classic dengan model lain adalah perangkat ini hadir tanpa kamera telefoto 162 mm. Meskipun kamera tele tersebut tidak dihadirkan, drone tersebut dapat melakukan zoom digital sebesar tiga kali.

Berdasarkan klaim perusahaan, pengguna bakal tetap dapat menggunakan kamera 4/3 CMOS Hasselblad beresolusi 20 MP dan lensa 24 mm dengan aperture (bukaan lensa) dari f/2.8 hingga f/11.

Baca juga: DJI Mavic 3 Sudah Bisa Dipesan di Indonesia, Harga Mulai Rp 33 Juta

Tidak hanya itu, drone Mavic 3 Classic juga masih dapat memotret foto dengan format RAW 12-bit dan merekam video dengan format D-log 10-bit, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari situs resmi DJI, Kamis (3/11/2022).

Perangkat ini mampu merekam video dengan resolusi 5.100 piksel dengan frame rate 24-50 frame per second (fps), resolusi 4K dengan frame rate 120 fps, dan 1.080 piksel 200 fps.

Tampilan dari drone DJI Mavic 3 ClassicDJI Tampilan dari drone DJI Mavic 3 Classic

Hasil video yang direkam juga dapat dikompres menggunakan teknologi Codec H.264 dan H265 yang didukung dengan bitrate 200Mbps, sehingga hasil gambar yang direkam bisa lebih jelas dan menghemat media penyimpanan.

Media penyimpanan yang tersedia adalah 8GB dan dapat diperluas menggunakan slor microSD yang tersedia. Sementara itu, waktu terbang maksimalnya 46 menit.

Baca juga: Produsen Drone China Dua Kali Masuk Blacklist AS, Apa Salah DJI Sekarang?

Dengan durasi selama itu, drone Mavic 3 Classic dapat terbang sejauh 30 kilometer. Drone tersebut dapat kompatibel dengan alat pengontrol kamera dari DJI RC-N1, RC dan RC Pro. Alat tersebut dapat mengirimkan video HD hingga 15 km berkat sistem O3 Plus.

Selama kamera diterbangkan, perangkat juga dibekali gimbal tiga sumbu agar gambar yang dihasilkan dapat tetap stabil. Drone versi murah ini juga dilengkapi sejumlah sensor yang dapat mengidentifikasi rintangan dari segala arah.

Dihimpun KompasTekno dari GSM Arena, Kamis (3/11/2022), DJI Mavic 3 Classic dapat terbang dengan kecepatan maksimal 21 meter per second (m/s), tetapi jika kondisi cuaca sedang tidak baik, misalnya ada angin kencang, batas kecepatan maksimalnya 12 m/s.

Baca juga: Drone Rusia Dibongkar, Isinya Kamera DSLR Entry Level dan Aksesori Seadanya

Untuk pertama kalinya juga, perangkat ini mengantongi setifikasi C1 di bawah regulasi Drone Eropa. Hal tersebut memungkinkan perangkat untuk terbang dalam kategori Terbuka A1 tanpa harus mengikuti rangkaian ujian piloting jarak jauh.

Harga DJI Mavic 3 Classic

Soal harga, DJI Mavic 3 Classic dijual dengan harga mulai 1.469 dollar AS (Rp 23,04 juta), tergantung paket pembelian.

Berikut rincian harga DJI Mavic 3 Classic:

  • Mavic 3 Classic hanya drone: tidak termasuk alat pengontrol drone dan pengisi daya dijual seharga 1.469 dollar AS (Rp 23,04 juta)
  • Mavic 3 Classic: termauk alat pengontrol DJI RC-N1 dan pengisi daya seharga 1.599 dollar AS (Rp 25,08 juta)
  • Mavic 3 Classic (DJI RC) termasuk pengisi daya dan alat pengontrol RCI RC seharga 1.749 dollar AS (Rp 27,4 juta)

DJI Mavic 3 Classic sudah bisa dibeli di situs resmi DJI. Belum diketahui apakah Mavic 3 Classic juga akan dijual di Indonesia atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber DJI
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com