Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Mulai Jual MacBook Air M2 "Refurbished", Harga Lebih Murah

Kompas.com - 03/11/2022, 19:30 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Apple

KOMPAS.com - MacBook Air M2 yang dirilis Apple pada Juni 2021 lalu, kini sudah dijual dalam versi refurbished atau rekondisi resmi Apple. MacBook Air M2 refurbished ini sudah muncul di situs resmi Apple.

MacBook Air dengan chip M2 versi refubrished ini tersedia dalam empat opsi warna dan dua varian GPU.

Empat opsi warnanya meliputi Starlight, Silver, Midnight dan Space Gray. Namun opsi GPU 10-core hanya tersedia dalam kelir Space Gray.

Secara umum, semuanya ditenagai chip M2 yang dibekali CPU 8-core serta GPU 8 core hingga 10-core. Chip ini dipadukan dengan RAM 8 GB dan penyimpanan 256 GB atau 512 GB.

Baca juga: MacBook Air dengan Chip M2 Sudah Bisa Dibeli di Indonesia, Ini Harganya

Harga MacBook Air M2 refurbished ini dibanderol mulai dari 1.079 dollar AS (Rp 16,8 juta), lebih murah 120 dollar AS (Rp 1,8 juta) dibanding harga MacBook Air baru yang dijual 1.199 dollar AS (Rp 18,7 juta).

Perangkat refubrished sendiri adalah perangkat bekas pengguna yang dikembalikan ke Apple karena mengalami beberapa kerusakan.

MacBook Air M2 yang sudah diperbaiki oleh Apple dengan suku cadang resmi ini dijual kembali dengan label perangkat refubrished atau rekondisi.

Perangkat rekondisi terkadang juga dibuat melalui program daur ulang dari produk Apple. Oleh karena itu, perangkat rekondisi termasuk MacBook Air dijual dengan harga yang lebih murah dibanding produk baru.

Walaupun pada dasarnya ini adalah perangkat bekas, Apple memastikan perangkat rekondisi yang dijual perusahaan memiliki kualitas yang mumpuni dan melalui proses perbaikan yang ketat sebelum dijual.

Selain itu, MacBook Air M2 hasil rekondisi Apple juga dijamin garansi selama satu tahun, dihimpun KompasTekno dari situs resmi Apple, Kamis (3/11/2022). 

MacBook Air dengan chip M2 sendiri diumumkan Apple pada Juni lalu, tepatnya pada ajang konferensi pengembang tahunan Worldwide Developers Conference (WWDC). Perangkat ini sekaligus menjadi laptop pertama Apple yang ditenagai oleh chipset M2 bikinan perusahaan.

Harga MacBook Air M2 rekondisi

  • MacBook Air M2 256 GB, GPU 8-core - 1.079 dollar AS (Rp 16,8 juta)
  • MacBook Air M2 512 GB, GPU 10-core - 1.349 dollar AS (Rp 21,1 juta)

Spesifikasi MacBook Air M2

MacBook Air M2 atau disebut juga MacBook Air 2022 menjadi laptop pertama yang ditenagai oleh chip M2. Apple M2 sendiri menawarkan kecepatan yang lebih cepat hingga 40 persen dibanding M1.

Baca juga: Tabel Spesifikasi dan Harga MacBook Air M2 di Indonesia

Secara teknis chip Apple M2 dibangun dengan arsitektur 5 nm gen 2 dan memiliki CPU 8 core serta GPU dengan jumlah core yang lebih banyak dibanding M1, yaitu hingga 10 core. Chip ini dapat dipasangkan dengan RAM LPDDR5 hingga 24 GB.

Apple mengeklaim chip M2 dilengkapi dengan mesin pengolah media dan ProRes baru untuk menunjang tugas berat seperti editing video.

MacBook Air 2022 meluncur di WWDC 2022Apple MacBook Air 2022 meluncur di WWDC 2022
MacBook Air dengan chip M2 ini mendukung pengisian cepat (fast charging) yang mampu mengisi daya perangkat hingga 50 persen dalam 30 menit pengisian. Untuk mencapai hasil tersebut, konsumen harus memberi adaptor USB-C 67 watt.

Halaman:
Sumber Apple
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com