Kompas.com - 04/11/2022, 10:46 WIB
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - AMD resmi meluncurkan kartu grafis (GPU) flagship terbarunya yang dinamai Radeon RX 7900 XTX.

GPU dari seri teranyar Radeon RX 7900 Series ini hadir dengan sejumlah terobosan, salah satunya adalah desain die atau chip pertama di dunia yang dijuluki Chiplet.

Chiplet memungkinkan sebuah chip memiliki dua komponen chip yang berbeda, yaitu chip Graphics Compute Die (GCD) dengan fabrikasi 5nm dan chip Memory Cache Die (MCD) fabrikasi 6 nm. 

Penggunaan desain Chiplet ini diklaim dapat meningkatkan kecepatan GPU sebesar 15 persen serta performa GPU per watt sebesar 54 persen.

Selain itu, penggunaan Chiplet juga digadang-gadang dapat meningkatkan efisiensi produksi karena GCD dan MCD dibuat secara terpisah, sebelum nantinya digabungkan dalam satu chip.

Lebih lanjut, chip GCD berfungsi untuk memproses segala informasi soal grafis. Chip ini mengusung arsitektur terbaru AMD RDNA 3 yang memiliki 96 Compute Units (CUs) dengan kecepatan clock hingga 2,5 GHz.

Sedangkan chip MCD bertugas untuk menampung segala proses yang berhubungan dengan memori. Chip ini memungkinkan Radeon RX 7900 XTX memiliki video memory (VRAM) 24 GB GDDR6 dengan memory interface 384-bit dan Infinity Cache 96 MB.

Baca juga: Nvidia Resmikan GPU RTX 4080 dan RTX 4090, Ini Harganya

Selain Radeon RX 7900 XTX, AMD juga memperkenalkan satu GPU baru lainnya yang juga berasal dari keluarga Radeon RX 7900 Series, yaitu Radeon RX 7900 XT.

GPU ini dirancang dengan desain dan arsitektur serupa dengan Radeon RX 7900 XT, namun kemampuannya sedikit dipangkas.

Radeon RX 7900 XT dibekali dengan 84 CUs berkecepatan hingga 2,4 GHz, serta VRAM 20 GB GDDR6 dengan memory interface 320-bit dan Infinity Cache 80 MB.

Untuk sektor daya, Radeon RX 7900 XT memiliki konsumsi daya dengan TDP 300 watt, sedangkan Radeon RX 7900 XTX lebih besar dengan TDP 355 watt.

AMD Radeon RX 7900 XTX dijual dengan harga 999 dolar AS atau sekitar Rp 15,7 juta, sedangkan Radeon RX 7900 XT dibanderol dengan harga 899 dolar AS atau sekitar Rp 14,1 juta.

Kedua GPU tersebut bakal tersedia di pasar global pada 13 Desember 2022 mendatang, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSMArena, Jumat (4/11/2022).

Baca juga: Negara Ini Tarik Pajak dari Impor GPU, Dihitung Berdasarkan Kapasitas VRAM

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber GSM Arena


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.