Kompas.com - 04/11/2022, 12:15 WIB

KOMPAS.com - Dengan kebijakan ASO (Analog Switch Off), siaran TV analog dimatikan dan dialihkan ke siaran TV digital. Siaran TV analog dimatikan mulai 2 November 2022 di sejumlah wilayah, termasuk yang pertama adalah Jabodetabek.

Saat TV analog dimatikan, masyarakat di wilayah terdampak hanya akan bisa menonton siaran TV digital. Untuk mengakses siaran TV digital, masyarakat tak perlu repot untuk membeli perangkat TV digital baru.

Baca juga: Mengapa TV Analog Perlu STB atau Digital TV Box untuk Nonton Siaran TV Digital?

Siaran TV digital tetap dapat ditonton di TV analog atau TV non-digital lama dengan menggunakan dua alat, yakni antena penangkap sinyal dan perangkat tambahan Set Top Box (STB) atau Digital TV Box.

Secara sederhana, Set Top Box berfungsi untuk menerima sinyal digital dari antena dan mengonversinya agar bisa diterima di TV analog biasa. Pemasangan STB di TV analog biasa bisa dikatakan cukup mudah.

Langkah awalnya adalah menyambungkan kabel antena ke STB. Kemudian, menghubungkan kabel HDMI atau kabel AV ke STB dan TV. Penjelasan cara memasang STB di TV analog bisa dibaca lebih lengkap pada artikel ini “Cara Setting Set Top Box TV Digital di TV Analog Biasa”.

Kendati mudah, tapi ada beberapa hal yang penting diperhatikan. Pertama, tidak semua Set Top Box dapat dipakai menerima siaran TV digital di TV analog biasa, hanya yang memiliki dukungan DVB-T2. STB DVB-T2 dapat dibeli sendiri melalui marketplace.

Lalu, bagaimana dengan antena penangkap sinyalnya? TV analog harus pakai antena apa? Apakah pakai STB harus ganti antena baru supaya bisa menonton siaran TV digital di TV analog biasa? Begini penjelasan lengkapnya.

Antena untuk siaran TV digital di TV analog yang menggunakan STB

Dalam hal ini, antena berbeda dengan STB. Bila STB membutuhkan spesifikasi yang mendukung fitur DVB-T2 maka antena tidak berlaku demikian. Tidak ada spesifikasi khusus dalam penggunaan antena supaya bisa menangkap sinyal digital.

Baca juga: 5 STB Murah buat Nonton Siaran TV Digital, Mulai Rp 100.000-an

Untuk menonton siaran TV digital dengan STB di TV analog, masyarakat bisa menggunakan antena yang sebelumnya telah biasa dipakai, yaitu antena UHF (Ultra High Frequency) berjenis indoor (dalam ruangan) atau outdoor (luar ruangan).

Oleh karena itu, masyarakat tidak perlu mengganti antena untuk bisa menonton siaran TV digital menggunakan Set Top Box di TV analog. Antena UHF yang biasa dipakai untuk menonton siaran TV analog tetap dapat digunakan untuk menangkap sinyal digital.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.