Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Kamera HP dengan Benar

Kompas.com - 04/11/2022, 19:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Banyak dari pengguna teknologi yang menggunakan tisu dan ujung kain dari baju mereka untuk membersihkan layar maupun lensa kamera HP. Padahal, pembersihan secara sembarangan dapat menggores lensa kamera dan membuatnya rusak.

Dalam membersihkan kamera HP, Anda tidak perlu menuju ke tempat ahli untuk melakukan hal itu. Pasalnya, hal ini dapat Anda lakukan secara mandiri menggunakan barang-barang yang ada di rumah. Berikut KompasTekno telah merangkum cara membersihkan kamera HP.

Baca juga: Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca di HP Android

Cara membersihkan kamera HP

Untuk menghasilkan hasil yang jernih ketika memotret dan tidak menggores lensa, Anda bisa melakukan pembersihan kamera dengan cara-cara berikut.

Gunakan pena pembersih

Pena pembersih dapat Anda gunakan untuk membersihkan kamera HP dari debu. Alat pembersih ini memiliki seikat bulu sikat halus yang tidak akan menggores lensa Anda.

Pena pembersih memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda-beda. Ukuran dan bentuk ini biasanya dibedakan dari lebar bulu sikat dan kehalusan bulu sikat. Untuk itu, Anda bisa memilih ukuran yang sesuai dengan lensa kamera HP Anda.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan sikat riasan yang bersih dan memiliki bulu yang lembut.

Gunakan kain mikrofiber

Jika lensa kamera Anda banyak tertutup sidik jari, Anda bisa melakukan pembersihan menggunakan kain microfiber atau buff lembut. Kain microfiber akan menghapus noda tanpa meninggalkan serat pada lensa Anda.

Anda bisa menggunakan kain lembut apapun untuk membersihkan lensa kamera. Hindari untuk membersihkan menggunakan tisu, karena tisu selalu meninggalkan partikel debu pada lensa Anda.

Baca juga: Cara Mengatasi Samsung Pay yang Tak Sengaja Muncul di HP Samsung

Gunakan lap lensa

Tidak hanya terkena debu atau sidik jari, lensa kamera biasanya juga dapat terkena minyak yang ditransfer dari tangan Anda secara tidak sengaja. Untuk membersihkan minyak tersebut, Anda bisa menggunakan lap lensa yang dibasahi dengan pembersih lensa.

Pembersih lensa mampu membantu Anda untuk membersihkan kamera dari minyak dan kotoran yang membandel. Hindari untuk membersihkannya menggunakan tisu basah, karena seringkali tisu basah mengandung pelembut yang akan membuat lensa Anda semakin berminyak.

Hindari juga untuk menggunakan tisu yang dibasahi dengan air, karena hal itu akan menambah debu pada lensa kamera ketika kering. Partikel-partikel tisu akan menempel dan membuat lensa Anda kotor.

Baca juga: Cara Mengatasi Samsung Pay yang Tak Sengaja Muncul di HP Sam

Gunakan pembersih lensa

Pembersih lensa khusus merupakan pilihan yang tepat untuk membersihkan lensa kamera. Pembersih ini biasanya berupa larutan alkohol yang diencerkan. Jika Anda tidak memiliki pembersih lensa di rumah, Anda bahkan dapat membuatnya sendiri.

Untuk membuat cairan pembersih lensa, Anda hanya membutuhkan isopropil alkohol dan air suling dengan perbandingan 50:50. Hindari menggunakan air keran, agar debu tidak mudah menempel.

Itulah cara-cara membersihkan lensa kamera HP. Semoga membantu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com