Kompas.com - 04/11/2022, 19:15 WIB
Penulis Soffya Ranti
|

KOMPAS.com - Banyak dari pengguna teknologi yang menggunakan tisu dan ujung kain dari baju mereka untuk membersihkan layar maupun lensa kamera HP. Padahal, pembersihan secara sembarangan dapat menggores lensa kamera dan membuatnya rusak.

Dalam membersihkan kamera HP, Anda tidak perlu menuju ke tempat ahli untuk melakukan hal itu. Pasalnya, hal ini dapat Anda lakukan secara mandiri menggunakan barang-barang yang ada di rumah. Berikut KompasTekno telah merangkum cara membersihkan kamera HP.

Baca juga: Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca di HP Android

Cara membersihkan kamera HP

Untuk menghasilkan hasil yang jernih ketika memotret dan tidak menggores lensa, Anda bisa melakukan pembersihan kamera dengan cara-cara berikut.

Gunakan pena pembersih

Pena pembersih dapat Anda gunakan untuk membersihkan kamera HP dari debu. Alat pembersih ini memiliki seikat bulu sikat halus yang tidak akan menggores lensa Anda.

Pena pembersih memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda-beda. Ukuran dan bentuk ini biasanya dibedakan dari lebar bulu sikat dan kehalusan bulu sikat. Untuk itu, Anda bisa memilih ukuran yang sesuai dengan lensa kamera HP Anda.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan sikat riasan yang bersih dan memiliki bulu yang lembut.

Gunakan kain mikrofiber

Jika lensa kamera Anda banyak tertutup sidik jari, Anda bisa melakukan pembersihan menggunakan kain microfiber atau buff lembut. Kain microfiber akan menghapus noda tanpa meninggalkan serat pada lensa Anda.

Anda bisa menggunakan kain lembut apapun untuk membersihkan lensa kamera. Hindari untuk membersihkan menggunakan tisu, karena tisu selalu meninggalkan partikel debu pada lensa Anda.

Baca juga: Cara Mengatasi Samsung Pay yang Tak Sengaja Muncul di HP Samsung

Gunakan lap lensa

Tidak hanya terkena debu atau sidik jari, lensa kamera biasanya juga dapat terkena minyak yang ditransfer dari tangan Anda secara tidak sengaja. Untuk membersihkan minyak tersebut, Anda bisa menggunakan lap lensa yang dibasahi dengan pembersih lensa.

Pembersih lensa mampu membantu Anda untuk membersihkan kamera dari minyak dan kotoran yang membandel. Hindari untuk membersihkannya menggunakan tisu basah, karena seringkali tisu basah mengandung pelembut yang akan membuat lensa Anda semakin berminyak.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.