Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Drone DJI Mavic 3 Classic Resmi di Indonesia, Ini Harganya

Kompas.com - 04/11/2022, 19:31 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - DJI resmi memasarkan drone terbarunya, yaitu DJI Mavic 3 Classic di Indonesia. Drone ini menjadi model terbaru dari seri DJI Mavic 3 series yang sudah dipasarkan di Tanah Air pada November 2021, yaitu DJI Mavic 3 dan DJI Mavic 3 Cine.

Sebagai model paling anyar, DJI Mavic 3 Classic dijual dengan harga yang lebih murah dibandingkan dua saudaranya ketika dipasarkan di Indonesia.

Distributor resmi DJI di Indonesia menjual DJI Mavic 3 Classic dengan harga mulai Rp 24 juta.

Sebagai perbandingan, tahun lalu, DJI Mavic 3 "reguler" dijual mulai Rp 33,75 juta dan DJI Mavic 3 Cine dijual Rp 79,95 juta.

Baca juga: Cara Unik Dubai untuk Datangkan Hujan, Setrum Awan dengan Drone

Spesifikasi DJI Mavic 3 Classic

Drone Mavic 3 Classic yang dibanderol dengan harga yang lebih murah itu tidak dibekali kamera telefoto 162 mm yang disematkan pada dua model Mavic 3 series sebelumnya. Tanpa kamera tele, drone Mavic 3 masih dapat melakukan zoom digital sebesar tiga kali.

Di samping kamera telefoto, DJI Mavic 3 Classic masih dibekali spesifikasi khas yang biasa disematkan pada seri drone Mavic 3. Mulai dari kamera 4/3 CMOS Hasselblad beresolusi 20 MP dan lensa 24 mm dengan aperture (bukaan lensa) dari f/2.8 hingga f/11.

Mavic 3 Classic juga memiliki waktu terbang maksimum 46 menit dan sistem transmisi O3 Plus. Tidak hanya itu, drone Mavic 3 Classic juga masih dapat memotret foto dengan format RAW 12-bit dan merekam video dengan format D-log 10-bit.

Perangkat ini mampu merekam video dengan resolusi 5.100 piksel dengan frame rate 24-50 frame per second (fps), resolusi 4K dengan frame rate 120 fps, dan 1.080 piksel 200 fps.

Hasil video yang direkam drone ini juga dapat dikompres menggunakan teknologi Codec H.264 dan H265 yang didukung dengan bitrate 200 Mbps, sehingga hasil gambar yang direkam bisa lebih jelas dan menghemat media penyimpanan. Media penyimpanan yang tersedia adalah 8 GB dan dapat diperluas menggunakan slot microSD.

Baca juga: Drone DJI Avata Sudah Bisa Dipesan di Indonesia, Harga Mulai Rp 17 Jutaan

drone DJI Mavic 3 Classic dengan RC.dok. DJI drone DJI Mavic 3 Classic dengan RC.
Dengan durasi terbang maksimal 46 menit, drone Mavic 3 Classic dapat terbang sejauh 30 kilometer. Drone tersebut dapat kompatibel dengan alat pengontrol kamera dari DJI RC-N1, RC dan RC Pro. Alat tersebut dapat mengirimkan video HD hingga 15 km berkat sistem O3 Plus.

Selama kamera diterbangkan, perangkat juga dibekali gimbal tiga sumbu agar gambar yang dihasilkan dapat tetap stabil. Drone versi murah ini juga dilengkapi sejumlah sensor yang dapat mengidentifikasi rintangan dari segala arah.

DJI Mavic 3 Classic dapat terbang dengan kecepatan maksimal 21 meter per second (m/s), tetapi jika kondisi cuaca sedang tidak baik, misalnya ada angin kencang, batas kecepatan maksimalnya 12 m/s.

Untuk pertama kalinya juga, DJI Mavic 3 Classic ini mengantongi sertifikasi C1 di bawah regulasi Drone Eropa. Hal tersebut memungkinkan perangkat untuk terbang dalam kategori Terbuka A1 tanpa harus mengikuti rangkaian ujian piloting jarak jauh.

Baca juga: Produsen Drone China Dua Kali Masuk Blacklist AS, Apa Salah DJI Sekarang?

Harga DJI Mavic 3 di Indonesia

Di Indonesia, harga DJI Mavic 3 Classic dibagi dalam dua pilihan paket pembelian, sebagai berikut, sebagaimana dikutip KompasTekno dari keterangan tertulis Erajaya, Jumat (4/11/2022):

  • DJI Mavic 3 Classic (hanya drone) - Rp 23.930.000
  • DJI Mavic 3 Classic with RC (drone + alat pengontrol) - Rp 26.350.000

DJI Mavic 3 Classic sudah bisa dibeli di DJI Experience Store, Urban Republic, Erafone, serta marketplace rekanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com