Kompas.com - 05/11/2022, 14:15 WIB

KOMPAS.com - Registrasi kartu XL prabayar wajib dilakukan oleh pelanggan, sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Kementerian Komunikasi dan Informatika Nomor 12 Tahun 2016 beserta perubahannya.

Baca juga: Cara Cek NIK yang Terdaftar di Kartu XL via Kode UMB dengan Mudah

Berdasar peraturan itu, pelanggan harus melakukan registrasi kartu XL miliknya dengan menyertakan data NIK (Nomor Induk Kependudukan) dan nomor KK (Kartu Keluarga). Bila tak registrasi, pelanggan tak bakal bisa mengakses layanan SMS, internet, dan telepon.

Satu NIK milik pelanggan bisa dipakai untuk registrasi hingga maksimal di tiga nomor yang berbeda. Seandainya ingin menambah nomor lagi maka pelanggan perlu menghapus atau membatalkan data registrasi (unreg) di salah satu ketiga nomor sebelumnya.

Selain untuk menambah nomor baru, unreg data registrasi tersebut juga diperlukan apabila data NIK yang dimasukkan pelanggan tidak sesuai dengan miliknya sendiri, misal milik orang tua, keluarga, atau teman.

Data yang tidak sesuai tersebut dapat dihapus lalu diganti sesuai dengan milik pribadi. Lantas, bagaimana cara unreg kartu XL? Cara unreg kartu XL bisa dilakukan dengan mengirim SMS ke nomor “4444” (tanpa tanda kutip).

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan soal cara unreg kartu XL dengan mudah lewat SMS ke 4444.

Baca juga: Cara Cek Umur Kartu XL dengan Mudah via Live Chat Maya

 

Cara unreg kartu XL lewat SMS ke 4444

 

  • Buka aplikasi SMS di ponsel.
  • Ketik SMS dengan format ini “UNREG#Nomor Ponsel” (tanpa tanda kutip). Misalnya, “UNREG#087851111308”.
  • Selanjutnya, kirim SMS dengan format tersebut ke 4444.
  • Tunggu beberapa saat hingga data registrasi berhasil dihapus atau dibatalkan.

Cukup mudah bukan untuk unreg kartu XL? Untuk diketahui, setelah data tersebut dihapus atau dibatalkan, pelanggan tak akan bisa mengakses layanan di kartu XL miliknya tadi.

Jadi, seandainya ingin menggunakan kartu XL itu untuk mengakses SMS, internet, atau telepon maka pelanggan wajib mendaftarkannya kembali.

Untuk registrasi kembali, caranya ketik SMS dengan format “ULANG#NIK#nomorKK”. Misalnya, “ULANG#1234567#89101112”. Kemudian, silakan kirim pesan SMS dengan format tersebut ke 4444.

Baca juga: Cara Setting APN XL di HP dengan Mudah buat Akses Internet

Demikianlah penjelasan seputar cara unreg kartu XL lewat SMS ke 4444 dengan mudah. Sebagai informasi tambahan, selain lewat SMS ke 4444, unreg kartu XL juga bisa dilakukan dengan mengunjungi kantor XL Center terdekat dengan membawa data asli terkait.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.