Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Twitter Mulai Pungut Biaya Rp 125.000 Per Bulan dari Akun Centang Biru

Kompas.com - 07/11/2022, 08:06 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber NYPost

KOMPAS.com - Twitter resmi merilis biaya langganan Twitter Blue yang baru seharga 7.99 dollar AS (Rp 124.760). Informasi tersebut tertulis dalam pembaruan aplikasi di Apple App Store hari ini, Senin (7/11/2022).

Harga baru langganan Twitter Blue yang tercantum di App Store bagi pengguna di AS.App Store/Twitter Harga baru langganan Twitter Blue yang tercantum di App Store bagi pengguna di AS.
Pengguna dapat berlangganan Twitter Blue dan mendapatkan centang biru sebagai akun yang terverifikasi, setelah melakukan pembayaran sebesar 7.99 dollar AS (Rp 124.760) per bulannya.

“Mulai hari ini, kami menambahkan fitur baru di Twitter Blue dan akan bertambah seiring berjalannya waktu," tulis Twitter dalam keterangan di toko aplikasi Apple App Store bagi pengguna di wilayah Amerkia Sarikat (AS), dikutip KompasTekno dari New York Post, Senin (7/11/2022).

Baca juga: Twitter Blue Resmi Meluncur, Ini Bedanya dengan Versi Biasa

"Dapatkan Twitter Blue seharga 7.99 dollar AS per bulan, jika Anda daftar sekarang,” lanjut Twitter.

Belum diketahui apakah pengguna Android juga menjumpai pengumuman yang sama soal biaya langganan Twitter Blue ini.

Masih uji coba

Direktur Manajemen Produk Twitter, Esther Crawford memaparkan bahwa fitur yang dihadirkan di layanan Twitter Blue belum sepenuhnya tersedia, alias baru diuji coba.

Peluncuran fitur Twitter Blue berlangganan ini masih dilakukan secara bertahap, beberapa pengguna mungkin sudah dapat melihat perubahan ini di ponselnya.

“(Twitter) Blue yang baru belum diluncurkan, peluncurannya terus dikebut namun beberapa orang mungkin sudah melihat pembaruan karena kami (sedang) menguji dan mendorong peluncuran (fitur) secara real-time,” jelas Crawford.

Keistimewaan centang biru

Sesuai dengan penjelasan Musk beberapa hari lalu, keuntungan yang ditawarkan saat belangganan Twitter Blue antara lain pengguna bakal diprioritaskan untuk mendapat balasan, mention, dan lebih mudah dicari saat melakukan pencarian.

“Memrioritaskan kualitas konten: Konten Anda akan mendapatkan prioritas saat mendapat balasan, mentions, dan pencarian. Hal ini yang akan mengurangi kemunculan dari konten scam, spam, dan akun bot,” tulis Twitter.

Prioritas lainnya adalah mampu mengunggah konten video dan audio yang panjang, dan masih disertai iklan tetapi jumlahnya lebih sedikit.

Baca juga: Elon Musk Akan Kunjungi Indonesia Bulan Ini

Namun, ketersediaan dari layanan ini masih terbatas di sejumlah wilayah saja. Hanya pengguna yang berada di Amerika Serikat (AS), Kanada, Inggris, Australia, dan Selandia Baru saja yang dapat berlangganan Twitter Blue.

Tidak dirinci lebih lanjut apakah layanan yang ditawarkan juga akan dirilis di luar wilayah di atas, seperti Indonesia, atau tidak.

Musk berjanji dalam cuitannya di akun Twitter pribadinya dengan handle @elonmusk, bahwa perusahaan akan segera meluncurkan fitur tersebut secara global.

“Setelah kamu mengonfirmasi bahwa (fitur baru) ini berfungsi dengan baik di wilayah awal dan menyelesaikan pekerjaan terjemahan, (Twitter Blue) akan diluncurkan di seluruh dunia,” jelas Musk.

Halaman:
Baca tentang
Sumber NYPost
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com