Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Mulai Sebar Fitur Avatar, Mirip Facebook dan Instagram

Kompas.com - 07/11/2022, 19:30 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber WABetaInfo

KOMPAS.com - WhatsApp mulai menguji coba fitur Avatar di WA versi beta. Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan pengguna membuat avatar mereka sendiri yang dapat digunakan di obrolan personal maupun grup.

Fitur Avatar ini serupa dengan avatar di Facebook dan Instagram. Pengguna sama-sama dapat mendandani avatar sesuai dengan keinginan.

Informasi ini diungkap oleh situs yang kerap membocorkan fitur-fitur Whatsapp, WABetaInfo. Dalam laporannya, fitur ini sudah tersedia di Whatsapp beta Android versi 2.22.23.8 dan 2.22.23.9.

Pantauan KompasTekno, pengguna WhatsApp versi beta di Indonesia juga sudah bisa mencoba fitur Avatar ini.

Fitur Avatar ini dapat ditemukan di deretan tombol stiker di bagian bawah. Untuk menggunakan fitur ini, pengguna WA akan diminta untuk membuat Avatar sesuai keinginannya.

Baca juga: WhatsApp Resmikan Fitur Komunitas, Uji Coba di Indonesia

WhatsApp mulai menguji coba fitur Avatar di WA versi beta. Pengguna di Indonesia juga sudah bisa mencoba. KOMPAS.com/Yudha Pratomo WhatsApp mulai menguji coba fitur Avatar di WA versi beta. Pengguna di Indonesia juga sudah bisa mencoba.

Avatar tersebut bisa dibuat sedemikian rupa, mulai dari warna kulit, bentuk wajah, hingga pakaian yang dikenakan.

Setelah Avatar dibuat, pengguna langsung bisa menggunakan avatar di chat personal maupun grup. Ada berbagai ekspresi avatar yang bisa dipilih.

Dengan dari fitur ini, pengguna bisa lebih mengekspresikan dirinya di WhatsApp. Avatar ini tampil dalam bentuk 3 dimensi (3D), berbeda dengan stiker yang hanya 2 dimensi (2D).

Ilustrasi fitur Avatar baru di WhatsappWABetaInfo Ilustrasi fitur Avatar baru di Whatsapp
Stiker itu dapat dibagikan ke keluarga, kerabat, pasangan, dan lainnya, seperti penggunaan stiker di WhatsApp. Selain itu, avatar tersebut juga dapat digunakan sebagai profil foto WhatsApp.

Cara untuk menggunakan avatar sebagai profil foto dapat diatur melalui “Settings” (Pengaturan) WhatsApp. Apabila halaman pengaturan perangkat sudah muncul opsi “Avatar”, tandanya perangkat pengguna sudah menerima fitur baru tersebut.

Baca juga: Peserta Rapat Virtual di Microsoft Teams Bisa Pakai Avatar Meta

Ketika opsi “Avatar” dipilih, pengguna dapat memilih berbagai macam gaya ataupun ekspresi avatar yang dingingkan untuk tampil di profil.

Dihimpun KompasTekno dari WABetaInfo, Senin (7/11/2022), pengguna yang sudah berkesempatan menjajal fitur Avatar kemungkinan akan mengalami sedikit masalah saat melakukan konfigurasi avatar.

Alternatif yang dilakukan mungkin pengguna bisa terus mencoba ulang hal tersebut sampai sistem berjalan dapat berjalan dan kembali seperti semula.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber WABetaInfo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com