Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Fitur Digital Wellbeing di Android dan Cara Pakainya

Kompas.com - 08/11/2022, 13:45 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setiap kita semakin dipermudah dengan adanya teknologi. Namun, kemudahan demi kemudahan yang ditawarkan ternyata cukup menyita perhatian bahkan saat bekerja.

Misalnya, kita aktif mengecek ponsel beberapa menit sekali walaupun tidak ada notifikasi yang masuk. Entah itu hanya sekadar mengecek pesan/notifikasi yang masuk hingga curi-curi waktu membuka media sosial.

Padahal, penggunaan teknologi seharusnya mendukung dan meningkatkan produktivitas seseorang. Bukan membuat setiap kita teralihkan dari pekerjaan utama.

Baca juga: Diperbarui, YouTube Bisa Batasi Waktu Nonton Video

Salah satu fitur yang bisa membatasi kita menggunakan gadget adalah fitur Digital Wellbeing. Fitur ini merupakan fitur yang hadir di sejumlah ponsel Android.

Seperti namanya, Digital Wellbeing (Kesejahteraan Digital) merupakan fitur yang dirancang untuk melacak penggunaan aplikasi pada smartphone ataupun tablet. Pengguna juga diberikan kebebasan untuk membatasi penggunaan gadget.

Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan dari fitur Digital Wellbeing beserta cara menggunakannya di bawah ini.

Apa itu Digital Wellbeing?

Ilustrasi fitur Digital WellbeingAndroid Authority Ilustrasi fitur Digital Wellbeing

Digital Wellbing (kesejahteraan digital) memiliki konsep tentang keseimbangan antara jumlah waktu yang dihabiskan di kehidupan nyata dan layar ponsel.

Smartphone dirancang untuk memberikan hiburan kepada setiap penggunanya. Jadi, tidak jarang pengguna smartphone sekarang ini sering tenggelam, karena terlalu asyik mengakses media sosial.

Baca juga: PUBG Mobile Mulai Batasi Waktu Bermain Maksimal 6 Jam

Segala hal kini dipermudah dengan kehadiran ponsel. Belum lagi, seluruh kegiatan, seperti membeli makan, memesan transportasi, melakukan transaksi, mengirim pesan, melakukan panggilan video, dan masih banyak lagi, dapat dilakukan di dalam satu perangkat.

Menurut laporan dari Android Police, rata-rata pengguna AS mengecek ponsel mereka sebanyak 63 kali dalam sehari dan menghabiskan waktu menatap layar rata-rata selama 5,4 jam dalam sehari.

Kehadiran dari Digital Wellbeing ini dapat mengontrol dan membantu pengguna menggunakan gadget. Pengguna dapat membatasi durasi membuka aplikasi media sosial dan lainnya.

Nantinya, dalam satu hari penuh, sistem akan memberikan laporan harian terkait berapa kali pengguna membuka ponsel, berapa lama waktu yang dihabiskan untuk menatap layar, dan aplikasi apa saja yang paling sering dibuka.

Cara menggunakan fitur Digital Wellbeing

Cara yang dipaparkan untuk menampilkan fitur Digital Wellbing menggunakan smartphone Samsung Galaxy Note 9. Apabila Anda memiliki ponsel Android lain, tampilan dari fitur ini kemungkinan besar akan berbeda.

Namun, secara keseluruhan, cara penggunaan fitur ini seharusnya tidak jauh berbeda. Berikut adalah langkah menggunakan fitur Digital Wellbeing.

Cara menggunakan fitur Digital Wellbeing di ponsel Android (KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto)KOMPAS.com Cara menggunakan fitur Digital Wellbeing di ponsel Android (KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto)

  • Buka “Pengaturan” (Settings) ponsel Anda
  • Gulir layar ke bawah sampai menemukan “Digital Wellbeing & parental controls”
  • Di sana, Anda akan melihat durasi penggunaan gadget harian
  • Di bagian bawah, akan terlihat tiga sampai lima aplikasi yang paling sering dibuka beserta durasi penggunaannya
  • Sistem akan secara otomatis merekam dan mencatat penggunaan gadget harian Anda

Cara membatasi penggunaan aplikasi dan layar gadget

Cara membatasi penggunaan layar smartphone (KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto)KOMPAS.com Cara membatasi penggunaan layar smartphone (KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto)

  • Buka “Pengaturan” (Settings) ponsel Anda
  • Gulir layar ke bawah sampai menemukan “Digital Wellbeing & parental controls”
  • Untuk mengatur batasan penggunaan aplikasi, ketuk “Screen Time” dan “App Timer”
  • Saat memilih “Screen Time”, pengguna dapat mengatur durasi penggunaan gadget

Cara membatasi penggunaan aplikasi di smartphone Android (KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto)KOMPAS.com Cara membatasi penggunaan aplikasi di smartphone Android (KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto)

  • Sedangkan, untuk “App Timer”, pengguna dapat mengatur durasi penggunaan aplikasi secara lebih spesifik. Misalnya, Instagram.
  • Pengguna perlu mengetuk ikon jam pasir di samping perangkat, lalu menentukan batasan durasi.

Setelah menentukan batasan durasi, pengguna akan menerima notifikasi ketika penggunana aplikasi/gadget sudah mendekati waktu yang ditentukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com