Kompas.com - 08/11/2022, 16:02 WIB
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Aplikasi pesan instan Signal, merilis fitur baru yang serupa dengan Instagram dan WhatsApp. Fitur baru tersebut bernama "Stories", yang fungsinya sama dengan IG Stories milik Instagram dan WhatsApp Status.

Dengan fitur Stories, pengguna Signal bisa mengunggah konten video atau foto yang akan tayang selama 24 jam. Setelah itu, konten tersebut akan menghilang dengan sendirinya.

Menurut Signal, fitur Stories ini sudah dilindungi end-to-end encryption.

Signal mengatakan fitur ini hadir sebagai pelengkap di sebuah aplikasi percakapan, di mana pengguna bisa berinteraksi dengan para kerabat atau keluarganya secara satu arah, tanpa harus mendapatkan interaksi balasan.

"Selain itu, Stories juga merupakan salah satu fitur yang paling diminta oleh pengguna Signal seluruh dunia, sehingga kami merasa fitur ini perlu hadir untuk memenuhi kebutuhan pengguna," ungkap pihak Signal, dikutip KompasTekno dari Signal.org, Selasa (8/11/2022).

Baca juga: Sebanyak 1.900 Nomor Telepon Pengguna Signal Diduga Bocor gara-gara Phising

Untuk menggunakan fitur Stories, pengguna cukup pergi ke tab "Stories" dan memilih menu "My Stories", sebagaimana ilustrasi gambar di bawah ini.

Ilustrasi fitur Stories di Signal.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Ilustrasi fitur Stories di Signal.
Lalu, pengguna bisa menentukan jenis konten Stories yang akan diunggah, baik itu foto, video, maupun teks.

Setelah itu, pengguna bisa memilih siapa saja yang bisa melihat konten Stories tersebut, misalnya hanya keluarga, semua kontak yang ada di Signal, dan lain sebagainya.

Apabila Stories sudah diunggah dengan mengeklik tombol "Send", maka konten tersebut akan hilang secara otomatis dalam waktu 24 jam.

Pengguna Signal juga bisa menyembunyikan fitur Stories, sehingga aplikasi Signal mereka tetap hanya bisa dipakai untuk kegiatan percakapan saja, sama seperti sediakala.

Baca juga: WhatsApp Down, Signal Ketiban Untung

Hal ini berbeda dengan fitur Stories di aplikasi WhatsApp, Instagram, dkk yang tidak bisa dimatikan. Fitur Stories di Signal sendiri bisa dinonaktifkan dengan cara mengunjungi menu "Settings" > "Stories" > "Turn off stories".

Bagi pengguna yang ingin menjajal fitur Stories di Signal, mereka perlu memperbarui aplikasi tersebut ke versi teranyar (versi 6.0) di toko aplikasi Play Store (Android) atau App Store (iOS).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Signal


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.