Kompas.com - 09/11/2022, 11:00 WIB
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - MediaTek resmi meluncurkan chipset flagship terbarunya, Dimensity 9200System-on-Chip (SoC) ini merupakan suksesor dari Dimensity 9000 yang diluncurkan tahun lalu.

Dimensity 9200 dirancang menggunakan teknologi fabrikasi 4 nanometer (nm) generasi kedua dari TSMC. Perusahaan mengeklaim bahwa Dimensity 9200 adalah chipset pertama yang mendukung WiFi 7. WiFi 7 sendiri disebut memiliki kecepatan transfer data mencapai 6,5 Gbps

MediaTek juga mengatakan Dimensity 9200 memiliki manajemen panas yang lebih baik dan memiliki konsumsi daya atau performance per watt 25 persen lebih hemat dari generasi sebelumnya.

Selain itu, Dimensity 9200 juga menjadi chipset pertama dari MediaTek yang dibekali dengan satu buah inti (core) prosesor (CPU) berperforma tinggi ARM Cortex-X3 (3,05 GHz), serta tiga prosesor performa Cortex-A715 berkecepatan 2,85 GHz.

Prosesor yang ada di chipset ini total ada delapan buah (octa-core). Adapun empat prosesor lainnya adalah Cortex-A510 dengan kecepatan clock 1,8 GHz.

Baca juga: Riset Counterpoint: MediaTek Masih Ungguli Qualcomm di Pasar Chip Global

Komponen CPU ini dipadukan dengan unit pengolah grafis (GPU) Immortalis-G715 yang diklaim memiliki 32 persen peningkatan performa dibanding GPU di chipset flagship MediaTek generasi sebelumnya.

Berkat peningkatan CPU dan GPU ini, MediaTek mengeklaim bahwa Dimensity 9200 mampu menghasilkan skor benchmark AnTuTu mencapai 1,26 juta poin.

Sebelumnya, chipset Dimensity 9000 hanya mampu menciptakan skor benchmark sekitar 1 juta poin.

Spesifikasi Mediatek Dimensity 9200

Spesifikasi Mediatek Dimensity 9200.Mediatek Spesifikasi Mediatek Dimensity 9200.
Chipset Dimensity 9200 mendukung penggunaan RAM LPDDR5X dengan kecepatan 8.533 Mbps, serta media penyimpanan (storage) berjenis UFS 4.0 yang mengadopsi teknologi Multi-Curcular Queue (MCQ).

Teknologi ini memungkinkan CPU mengakses data langsung ke komponen storage, sehingga bisa meningkatkan kecepatan transmisi data ketika melakukan multitasking.

Halaman:
Sumber Fonearena


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.