Kompas.com - 09/11/2022, 14:15 WIB

KOMPAS.com - Terdapat dua layanan Google yang akhir-akhir ini mungkin membuat bingung sebagian pengguna. Adapun dua layanan tersebut adalah aplikasi bernama Google Meet (Asli) dan Google Meet versi “biasa” atau tidak ada embel-embel “asli”.

Kedua aplikasi tersebut memiliki logo yang hampir mirip, yakni sama-sama menggunakan ikon kamera dengan warna yang berbeda. Google Meet (Asli) memiliki ikon aplikasi berupa kamera dengan warna hijau.

Baca juga: 15 Tahun Lalu, Google Umumkan Pengembangan Android Pertama

Sedangkan Google Meet versi “biasa”, ikon aplikasinya berupa kamera dengan perpaduan warna hijau, kuning, merah, dan biru. Kemiripan rupa dua aplikasi telekonferensi tersebut dapat dilihat lewat gambar di bawah ini.

Aplikasi Google Meet versi asli (kiri) dan Google Meet biasa (kanan) dengan nama dan logo yang hampir mirip. KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Aplikasi Google Meet versi asli (kiri) dan Google Meet biasa (kanan) dengan nama dan logo yang hampir mirip.

Dari kemiripan tersebut, baik di segi nama maupun logo, tak heran apabila sebagian pengguna mempertanyakan perbedaannya, sebagaimana disampaikan oleh akun base dengan handle @convomfs di Twitter.

Lantas, sebenarnya apa perbedaan Google Meet (Asli) dan Google Meet biasa yang tidak berstatus “asli”? Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan di bawah ini mengenai perbedaan Google Meet (Asli) dan Google Meet biasa.

Perbedaan Google Meet (Asli) dan Google Meet

Google Meet (Asli)

Tampilan aplikasi Google Meet (Asli) yang hanya terdapat fitur untuk membuat rapat online.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Tampilan aplikasi Google Meet (Asli) yang hanya terdapat fitur untuk membuat rapat online.

Google Meet (Asli) merupakan aplikasi telekonferensi dari Google dengan fitur utama untuk membuat panggilan video dengan jumlah peserta yang besar, bisa mencapai maksimal hingga 500 orang.

Google Meet versi ini merupakan aplikasi telekonferensi Google yang mungkin telah banyak dipakai oleh sebagian pengguna dalam dua tahun terakhir di masa pandemi Covid-19. Aplikasi ini biasa dimanfaatkan untuk aktivitas pembelajaran, rapat, atau diskusi online.

Baca juga: Google Hangouts Resmi Pensiun, Ini Gantinya

Sebagaimana telah umum dipakai, lewat Google Meet (Asli), pengguna bisa membuat dan membagikan tautan undangan konferensi online. Kemudian, bisa juga menjadwalkan konferensi di Google Calendar.

Saat konferensi berlangsung, Google Meet (Asli) dapat dipakai untuk membagikan layar (share screen) presentasi. Bila Google Meet (Asli) punya fitur telekonferensi, lantas bagaimana dengan saudaranya? Begini penjelasan mengenai Google Meet “biasa”.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.