Kompas.com - 09/11/2022, 17:00 WIB

KOMPAS.com - Zoom akhirnya resmi mengumumkan kehadiran layanan baru berupa e-mail (Zoom Mail) dan kalender (Zoom Calendar) di dalam platformnya.

Pantauan KompasTekno, dua fitur baru ini sudah mulai digulirkan dalam versi beta khusus untuk aplikasi Zoom desktop mulai hari ini, Rabu (9/11/2022).

Dengan hadirnya Zoom Mail dan Zoom Calendar ini, pengguna Zoom bisa mengintegrasikan e-mail dari pihak ketiga (Gmail dkk) yang sudah dimiliki. Hal tersebut diungkap oleh pendiri sekaligus CEO Zoom Eric Yuan.

“Kami akan mengumumkan versi beta dari layanan e-mail dan kalender Zoom klien. Pada dasarnya, setiap pengguna dapat mengunduh layanan ini untuk menggunakan email dan kalender kami,” kata Yuan kepada TechCrunch.

Baca juga: Cara Membuat Link Whatsapp Call Mirip Zoom

Sebelumnya, rumor soal Zoom yang bakal menghadirkan layanan e-mail dan kalender sudah tersiar sejak Desmber 2020 lalu. Ketika itu, Zoom yang menjadi primadona platform video conference selama pandemi mau mempeluas layanannya.

Dengan hadirnya layanan e-mail dan kalender, Zoom tampaknya ingin menyaingi Google dan Microsoft, yang sudah memiliki layanan yang lebih lengkap, termasuk video conference (Google Meet dan Microsoft Teams), layanan email (Gmail dan Microsoft Outlook), layanan kalender (Google Calendar dan Outlook Calendar), serta layanan produktivitas lain yang dibungkus dalam sebuah paket.

Untuk pengguna gratis dan berbayar

Tampilan fitur baru Zoom Mail versi beta di aplikasi Zoom desktop.dok. Zoom Tampilan fitur baru Zoom Mail versi beta di aplikasi Zoom desktop.
Dalam sebuah postingan di blog resminya, Zoom merinci bahwa e-mail dan kalender bakal hadir dalam dua versi. Pertama, Zoom Mail dan Zoom Calendar versi Clients (beta). Kedua, ada Zoom Mail dan Calendar versi Service (beta).

Baca juga: Emoji Kalender iOS Selalu 17 Juli, Apa Maknanya?

Zoom Mail dan Zoom Calendar versi Client memungkinkan pengguna Zoom, baik yang berbayar atau gratis untuk mengakses akun email mereka dari layanan email pihak ketiga seperti Gmail atau Microsoft Outlook langsung di aplikasi desktop Zoom.

Dalam gambar yang dibagikan, pengguna bisa mengakses e-mail dan kalender lewat tab "Mail" dan "Calendar". Menurut Pantauan KompasTekno, Rabu, tab Zoom Mail dan Zoom Calendar ini sudah muncul di aplikasi Zoom desktop versi 5.12.6 (10137).

Untuk tampilan Zoom Mail Client, fitur ini mirip seperti layanan e-mail pada umumnya. Pengguna bakal bisa menemukan menu create, inbox, star, draft, sent, trash, archive, spam, dan lainnya. Pengguna Zoom juga bisa membuat label untuk menandai e-mail tertentu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.