[POPULER TEKNO] PHK Massal Induk Facebook, Dua Smartphone Baru Harga Rp 2 Jutaan, dan Warganet Twitter yang Eksodus ke Mastodon

Kompas.com - 10/11/2022, 05:30 WIB

KOMPAS.com - Sepanjang hari Rabu (9/11/2022), ada beberapa berita teknologi yang menarik perhatian pembaca KompasTekno. Salah satunya peluncuran dua smartphone harga Rp 2 jutaan dari Realme dan Poco.

Poco resmi merilis duo Poco M5 dan Poco M5s di Indonesia Selasa (8/11/2022) lalu. Selang sehari, Realme juga memperkenalkan smartphone anyarnya, Realme 10 ke pasar Indonesia.

Selain gadget, berita soal pemutusan hubungan kerja (PHK) massal yang dilakukan Meta juga menarik perhatian pembaca. Berikut rangkuman berita teknologi yang cukup banyak dibaca pembaca KompasTekno.

PHK massal Meta

Setelah Twitter, Meta -induk perusahaan Facebook, Instagram, dan WhatsApp- melakukan PHK massal. Meta memastikan memangkas 11.000 karyawan secara global. Jumlah karyawan yang di-PHK itu disebut mewakili 13 persen dari total karyawan Meta.

Kabar ini diumumkan langsung oleh CEO Meta, Mark Zuckerberg. Selain melakukan PHK massal, Zuckerberg juga mengatakan pihaknya bakal mengeluarkan sejumlah kebijakan baru terkait biaya operasional, serta tidak melakukan perekrutan karyawan baru (hiring freeze) selama kuartal-I 2023 mendatang.

Zuckerberg memaparkan alasannya mem-PHK belasan ribu karyawan Meta di seluruh dunia.
Alasan selengkapnya, bisa disimak di artikel ini, Induk Facebook PHK Besar-besaran, 11.000 Karyawan Terdampak

Nokia yang masih rajin bikin feature phone

Saat ini, hampir semua orang mengandalkan smartphone dalam kehidupan sehari-hari. Vendor ponsel juga berlomba-lomba merilis smartphone dengan aneka spesifikasi yang mumpuni.

Namun, Nokia memilih jalan yang berbeda. Merek legendaris yang kini lisensinya dipegang oleh HMD Global itu, masih konsisten memproduksi feature phone atau ponsel fitur yang punya spesifikasi sederhana.

Ponsel fitur identik dengan modelnya yang lawas dengan tombol fisik tipe T9. Ponsel ini memiliki fitur yang cukup terbatas, seperti membuat dan menerima panggilan telepon, SMS, dan game-game sederhana.

Lantas, mengapa Nokia masih rajin merilis ponsel fitur yang terkesan "jadul" alias jaman dulu?
Jawabanya bisa disimak di artikel berikut, Zaman Smartphone, Kenapa Nokia Masih Rajin Bikin Feature Phone?

Baca juga: Nokia Rilis Ponsel Fitur Terus, Kapan Bikin Ponsel Flagship?

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.