Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Nomor WA Teman atau Kerabat yang Telah Meninggal Dunia Bisa Keluar Grup Sendiri?

Kompas.com - 10/11/2022, 09:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Setiap akun anggota bisa meninggalkan ruang obrolan grup (left group) dalam aplikasi pesan instan WhatsApp (WA) kapan saja, sesuai kebutuhan. Setidaknya terdapat dua kondisi dalam aktivitas left group WA.

Baca juga: Trik Keluar Grup WA Diam-diam di HP Android dan iPhone, Sudah Coba?

Dari dua kondisi tersebut, yang pertama adalah akun left group WA secara mandiri dengan mengetuk opsi “Keluar dari Grup” atau “Exit Group” yang tertera di halaman informasi grup. Kedua, akun anggota left grup WA lantaran dikeluarkan oleh admin.

Saat akun anggota telah left group WA, biasanya bakal muncul notifikasi di ruang obrolan grup dengan pesan seperti ini “ABC left” atau “ABC keluar”. Itulah kondisi umum dalam hal aktivitas left group WA.

Di luar kondisi umum tersebut, ada pula kondisi khusus aktivitas left group WA yang mungkin tak banyak pengguna ketahui. Kondisi khusus itu seperti akun WhatsApp milik teman atau kerabat tiba-tiba keluar grup sendiri padahal ia telah lama tiada (meninggal dunia).

Sebagian dari Anda mungkin juga telah sempat menjumpai kondisi khusus tersebut, yang mana akun WhatsApp tiba-tiba keluar grup sendiri padahal pemiliknya telah lama tiada. Lantas, kenapa akun WhatsApp bisa keluar grup sendiri?

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan mengenai penyebab akun WhatsApp bisa keluar grup sendiri secara tiba-tiba, padahal pemiliknya telah lama meninggal dunia.

Penyebab akun WhatsApp tiba-tiba keluar grup sendiri

Akun WhatsApp tiba-tiba keluar grup sendiri bisa diakibatkan karena akun terdeteksi tidak lagi digunakan atau tidak aktif selama 120 hari. Maksud dari tidak aktif itu adalah akun pengguna tidak terhubung dengan WhatsApp atau offline.

Baca juga: 5 Tanda Chat WhatsApp yang Perlu Diketahui, Termasuk Tanda Lingkaran Garis Putus

Kepala Komunikasi WhatsApp wilayah Asia Pasifik, Jan Yap menjelaskan akun WhatsApp dapat dihapus secara otomatis apabila tidak digunakan atau tidak aktif selama 120 hari.

“Setelah 120 hari tidak aktif, akun WhatsApp umumnya akan dihapus. Dan ketika akun dihapus, mereka juga akan dihapus dari obrolan grup,” kata Jan Yap secara tertulis kepada KompasTekno, pada Rabu (9/11/2022).

Kemudian, Yap juga menjelaskan bahwa akun yang telah dihapus karena tidak aktif selama 120 hari akan dikeluarkan atau dihapus juga secara otomatis dari semua grup yang telah diikuti sebelumnya.

Penjelasan Yap di atas senada dengan pemaparan yang tersedia di laman resmi FAQ WhatsApp. Dikutip dari laman FAQ WhatsApp, penghapusan akun WA yang tidak aktif selama 120 hari itu bertujuan untuk melindungi privasi pengguna dan efisiensi data.

Dengan adanya kebijakan ini, kemungkinan besar kondisi akun WhatsApp tiba-tiba keluar grup sendiri padahal pemiliknya telah tiada, bisa terjadi akibat akun tersebut telah dihapus secara otomatis lantaran tidak lagi digunakan atau tidak aktif selama 120 hari.

Baca juga: Cara Membuat Nada Dering WA Sebut Nama Sendiri Tanpa Aplikasi dengan Mudah

Demikianlah penjelasan mengenai penyebab akun WhatsApp tiba-tiba keluar grup sendiri padahal pemiliknya telah lama meninggal dunia, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com