Kompas.com - 10/11/2022, 10:00 WIB

KOMPAS.com - Drama akuisisi bursa kripto terbesar di dunia, Binance, kepada bursa nomor tiga terbesar di dunia, FTX non-AS terus berlanjut.

Kondisi ini ikut mengoreksi harga mata uang kripto lain macam Bitcoin, Ethereum dkk semakin turun. Secara umum, harga Bitcoin turun 12 persen, Ethereum turun 14,22 persen, Binance coin turun 16,88 persen, XRP turun 13,51 persen selama 24 jam terakhir.

Saat ini, kabar akuisisi Binance-FTX itu terlanjur menimbulkan sentimen negatif pada investor sehingga membuat bursa kripto FTX kolaps. Padahal, Binance dilaporkan mundur dari kesepakatan akuisisi.

Baca juga: Harga Bitcoin Anjlok di Tengah Isu Binance Beli FTX, Terendah dalam 2 Tahun

Kolapsnya bursa FTX ditandai dengan volume trading kripto di FTX yang turun ke angka 3,1 miliar dollar AS (sekitar Rp 48,6 triliun), sehingga FTX berada di posisi ke-48 bursa kripto terbesar di dunia, sebagaimana dihimpun dari situs CoinMarketCap.

Harga token milik FTX atau disebut FTX Token (FTT) yang anjlok ke level 2,55 dollar AS (sekitar 40.057) per kepingnya pada Kamis (10/11/2022). Padahal, awal pekan ini (7/11/2022), FTT masih diperdagangkan di sekitar 22 dollar AS (kira-kira Rp 345.591) per keping.

Pasca-kabar akuisisi tersiar pada Selasa (8/11/2022), harga FTT mulai terjun bebas ke level 3 dollar AS (sekitar Rp 47.126) pada Rabu (9/11/2022). Sebelumnya, harga FTX Token (FTT) sempat memuncak ke level 78 dollar AS (setara Rp 1,2 juta) per keping pada September 2021.

Kabar akuisisi FTX diikuti dengan informasi bahwa Komisi Perdagangan Federal Amerika/Federal Trade Commission (FTC) tengah menginvestigasi FTX terkait dugaan penangangan ilegal penarikan pelanggan pada awal minggu ini.

Baca juga: Hacker Curi Token Kripto Binance Senilai Rp 8,7 Triliun

Menurut CEO FTX, Sam Bankman-Fied ada sekitar 6 miliar dollar AS (setara Rp 94,2 triliun) penarikan bersih dari platform FTX selama 7-8 November 2022. Setiap harinya rata-rata, arus uang masuk di platform FTX mencapai puluhan juta dollar.

Dalam kondisi ini, spekulasi pasar menyebutkan bahwa FTX dapat mengalami defisit keuangan.

Tak heran bila investor berbondong-bondong menarik dana mereka secara massal dari platform FTX.

Halaman:
Sumber CNBC


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.