Kompas.com - 10/11/2022, 11:02 WIB

KOMPAS.com - Pekan lalu, Twitter melakukan pemutusan hubunga kerja (PHK) terhadap setidaknya 3.700 karyawan, atau sekitar 50 persen dari total karyawan Twitter yang konon berjumlah 7.500 orang.

Pemecatan atau layoff massal itu terjadi pasca-pembelian Twitter oleh Elon Musk, CEO SpaceX dan Tesla, yang kini resmi menjadi pemilik Twitter pada Jumat (28/10/2022) lalu.

Nah, pada pekan ini, Meta selaku induk Facebook, Instagram, dan WhatsApp juga melakukan PHK massal karyawa.

Dalam sebuah pengumuman pada Rabu (9/11/2022) pagi waktu setempat, CEO Meta, Mark Zuckerberg (Zuck) memastikan pihaknya bakal mem-PHK sekitar 11.000 karyawan, atau 13 persen dari total karyawan Meta di seluruh dunia yang berjumlah 87.000 orang.

Baca juga: Mark Zuckerberg Umumkan Sendiri Pemecatan 11.000 Karyawan Induk Facebook

Jika dilihat dari angkanya, jumlah karyawan yang di-PHK Zuckerberg tentunya lebih besar dibanding jumlah karyawan Twitter yang dipecat Musk, yaitu 11.000 berbanding 3.700 karyawan.

Namun apabila melihat dari sisi ukuran perusahaan, Musk mem-PHK lebih banyak karyawan dari Zuckerberg, yaitu 50 persen dari total karyawan Twitter, berbanding dengan 13 persen dari seluruh total karyawan Meta.

Hal ini bisa dibilang wajar. Sebab, Twitter berdiri sebagai perusahaan media sosial yang hanya memiliki produk Twitter, sedangkan Meta merupakan induk perusahaan yang memayungi perusahaan lainnya seperti Facebook, Instagram, hingga WhatsApp.

Baik Musk dan Zuckerberg tak mengumbar secara rinci karyawan di wilayah mana saja yang terdampak PHK.

Yang jelas, dengan adanya pemecatan massal ini, jumlah karyawan Twitter di seluruh dunia kiranya akan berkisar 4.000 orang, sedangkan sisa karyawan Meta masih lebih banyak dengan 76.000 orang.

Gaya pemecatan oleh Musk dan Zuck yang berbeda

Elon Musk beli Twitter.ZUMA PRESS/ADRIEN FILLON via DW INDONESIA Elon Musk beli Twitter.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.