Kompas.com - 11/11/2022, 07:00 WIB

KOMPAS.com - Dalam sepekan terakhir, dua perusahaan teknologi raksasa Meta dan Twitter kompak melakukan pemutusahan hubungan kerja secara besar-besaran.

Pada Jumat (4/11/2022), Twitter yang dimiliki Elon Musk memecat 3.700 karyawannya, atau setara 50 persen dari total seluruh pegawai Twitter secara global.

Sementara Induk Facebook, WhatsApp, dan Instagram, Meta, baru saja mem-PHK 13 persen atau setara lebih dari 11.000 karyawan secara global pada Rabu (9/11/2022) waktu Amerika Serikat.

Meski sama-sama melakukan PHK massal, baik CEO Meta Mark Zuckerberg maupun CEO Twitter Elon Musk, keduanya memiliki sikap dan gaya yang sangat berbeda dalam menangani PHK massal di perusahaannya masing-masing. 

Baca juga: Induk Facebook PHK Lebih Banyak Karyawan Dibanding Twitter, Tapi...

Zuckerberg tulis pesan perpisahan sendiri, Musk tidak

Perbedaan sikap Mark Zuckerberg dan Elon Musk ini terlihat dari cara kedua CEO ini menyampaikan kabar PHK kepada pegawai yang terdampak.

Zuckerberg memilih menulis sendiri pengumuman PHK massal ini lengkap dengan pesan perpisahan yang panjang. Sehingga, pesan terasa lebih personal dan simpatik. Pesan tersebut juga dibagikan lewat situs resmi Meta di URL about.fb.com.

Isi pesan Zuckerberg menggambarkan bahwa PHK massal itu adalah keputusan yang sulit yang harus diambil Meta.

Ia juga mengakui bahwa PHK massal ini terjadi buntut dari kesalahan strategi dalam melakukan investasi. Makanya, Zuckerberg merasa sedih dan bertanggung jawab soal PHK massal ini.

Sejumlah karyawan Facebook terlihat berfoto bersama di depan logo baru perusahaan, setelah Zuckerberg resmi mengubah nama perusahaan induk Facebook Inc menjadi Meta Platforms Inc pada Kamis, (28/10/2021).(AP Photo/Tony Avelar) Sejumlah karyawan Facebook terlihat berfoto bersama di depan logo baru perusahaan, setelah Zuckerberg resmi mengubah nama perusahaan induk Facebook Inc menjadi Meta Platforms Inc pada Kamis, (28/10/2021).
Dalam pesan tersebut, Zuckerberg mendeskripsikan pegawai yang di-PHK itu sebagai orang-orang yang berbakat, penuh semangat, dan membuat berkontribusi penting bagi keberadaan Meta.

Bos Meta itu juga mengapresiasi seluruh kerja keras Metamates (julukan karyawan Meta) yang kena-PHK.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.