Kompas.com - 11/11/2022, 08:30 WIB

KOMPAS.com - Ucapkan selamat tinggal untuk iklan-iklan yang kerap muncul di smartphone Xiaomi. Sebab, menurut salah satu laporan, Xiaomi dikabarkan akan menghilangkan seluruh konten iklannya di tampilan antarmuka (User Interface/UI) versi terbarunya, MIUI 14.

Dilansir KompasTekno dari media China, MyDrivers, Jumat (11/10/2022), Xiaomi bakal segera melenyapkan seluruh konten iklan di ponsel dengan MIUI 14, agar ponsel Xiaomi dapat lebih menarik perhatian orang-orang yang sebelumnya belum pernah menggunakan Xiaomi.

Selain iklan, Xiaomi juga berjanji mengurangi aplikasi-aplikasi bloatware di MIUI 14. Bloatware merupakan aplikasi bawaan yang terdapat diponsel, tetapi membuat ponsel cepat penuh dan kurang memilki kegunaan pada ponsel.

Versi tampilan antarmuka yang terbaru saat ini, MIUI 13, dikabarkan sudah cukup banyak mengurangi aplikasi bloatware di ponsel Xiaomi. Misalnya, Xioami 12 di China memiliki aplikasi pra-install yang jauh lebih sedikit dibanding iPhone dan Samsung.

Baca juga: Ini Alasan Kenapa HP Xiaomi Ada Iklan

Total aplikasi bawaan yang sudah ter-install tercatat setidaknya tujuh aplikasi saja. Di antaranya adalah aplikasi Galeri (Gallery), Kamera (Camera), Telepon (Phone), dan sebagainya.

Dalam laporan yang sama, penyesuaian lainnya yang juga kerap dilakukan Xioami adalah melakukan beberapa peningkatan utilitas.

Sebagai contoh, memperbarui tampilan jam, aplikasi cuaca, kalender, dan mode folder besar untuk menyederhanakan tampilan dan interaksi di dalam perangkat.

MIUI 14 sendiri rencananya akan diluncurkan bersamaan dengan peluncuran Xiaomi 13 pada akhir November 2022 mendatang.

Apabila kabar soal penghapusan iklan di MIUI 14 ini akurat, maka Xiaomi 13 yang diluncurkan nanti akan menjadi ponsel pertama yang tidak disertai iklan di dalamnya sejak 2011.

Alasan Xiaomi pakai iklan

Ilustrasi logo perusahaan Xiaomi.GizmoChiina Ilustrasi logo perusahaan Xiaomi.

Halaman:
Sumber GizChina


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.