Kompas.com - 11/11/2022, 10:15 WIB

KOMPAS.com - Terdapat dua cara yang bisa dilakukan untuk menonton siaran TV digital saat siaran TV analog dimatikan. Untuk diketahui dulu, siaran TV analog dimatikan sudah berlangsung mulai 2 November lalu.

Adapun dua cara untuk menonton siaran TV digital adalah pertama, dengan menggunakan perangkat TV digital baru. Atau yang kedua, bisa pula menggunakan perangkat TV analog atau TV non-digital yang dipasangkan dengan perangkat tambahan Set Top Box (STB).

Baca juga: 26 STB Harga Rp 100.000-an Bersertifikasi Kominfo buat Nonton Siaran TV Digital

Dari dua cara tersebut, intinya adalah tiap perangkat harus dibekali dengan fitur DVB-T2 supaya bisa menerima sinyal konten siaranx TV digital. Di TV digital, fitur DVB-T2 tersedia secara langsung (built-in).

Sedangkan di TV analog biasa, fitur DVB-T2 bisa diperoleh melalui perangkat tambahan STB atau yang disebut juga Digital TV Box. Perangkat tambahan tersebut secara sederhana berfungsi untuk mengubah TV analog menjadi seperti TV digital.

Menonton siaran TV digital dengan dua cara tersebut bisa dikatakan cukup mudah. Seandainya menggunakan perangkat TV digital, siaran TV digital bisa dicari langsung lewat menu pengaturan channel.

Sementara itu, bila menggunakan perangkat TV analog biasa, siaran TV digital bisa dicari saat telah terpasang dengan STB. Pencarian itu dapat dilakukan melalui menu pengaturan STB yang terdapat di TV analog.

Kendati bisa dibilang mudah dilakukan, namun bukan berarti tak ada kendala dalam menonton siaran TV digital. Salah satu kendala yang mungkin cukup banyak dijumpai adalah channel siaran TV digital hilang setelah melakukan pencarian.

Sebagian dari Anda mungkin juga sempat menjumpai masalah channel siaran TV digital hilang setelah melakukan pencarian. Saat channel siaran TV digital hilang, perangkat TV umumnya hanya menampilkan gambar bersemut.

Lantas, bagaimana cara mengembalikan siaran TV digital yang hilang? Apabila tengah mengalami masalah tersebut, berikut adalah penjelasan mengenai 4 cara mengembalikan siaran TV digital yang hilang.

4 cara mengembalikan siaran TV digital yang hilang

1. Lakukan pencarian ulang siaran TV digital

Ilustrasi cara mencari siaran TV digital.KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Ilustrasi cara mencari siaran TV digital.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.