Kompas.com - 11/11/2022, 12:15 WIB

KOMPAS.com - Set Top Box (STB) atau biasa disebut juga dengan Digital TV Box, merupakan perangkat portabel yang memiliki fungsi utama untuk mengubah perangkat TV analog biasa (TV non-digital) menjadi seperti TV digital.

Baca juga: Perbedaan Set Top Box dan Android TV Box, Jangan Sampai Salah Beli

Dalam menjalankan fungsi tersebut, Digital TV Box dibekali dengan fitur DVB-T2 (Digital Video Broadcasting - Second Generation Terrestrial). Fitur itulah yang berfungsi untuk menerima sinyal konten siaran TV digital sehingga dapat tayang di TV analog biasa.

Selain fungsi utama untuk mengubah TV analog menjadi TV digital, terdapat berbagai jenis STB yang juga dibekali dengan kemampuan mengakses beberapa layanan internet. Lantas, apakah STB bisa dipakai nonton YouTube?

Perlu diketahui dulu, sebagaimana disinggung di atas, fungsi utama STB DVB-T2 adalah untuk mengubah TV analog agar bisa dibuat nonton siaran TV digital. Fungsi ini pada dasarnya tidak membutuhkan koneksi internet sama sekali.

Oleh karena itu, supaya bisa menonton siaran TV digital di TV analog, hanya diperlukan STB DVB-T2 dan antena UHF (Ultra High Frequency) biasa untuk menangkap sinyal digital. Tidak perlu dihubungkan dengan koneksi internet.

Jadi, dengan fungsi utama dan cara kerja tersebut, tidak semua STB dibekali dengan kemampuan untuk mengakses layanan internet seperti YouTube. Kendati demikian, terdapat STB yang bisa dipakai untuk nonton YouTube.

Baca juga: 33 STB Bersertifikasi Kominfo Harga Rp 200.000-an buat Nonton Siaran TV Digital

Lalu, apa saja STB yang bisa YouTube? Adapun beberapa jenis STB DVB-T2 yang bisa YouTube antara lain adalah sebagai berikut:

  • Evercoss STB Max
  • Matrix Burger DVB-T2
  • Matrix Garuda DVB-T2
  • Matrix DVB-T2 Apple Kuning
  • Welhome Crown
  • Luby Digitant
  • Tanaka T2
  • Advan Digipro

Selain dari daftar di atas, masih banyak lagi di pasaran jenis STB DVB-T2 yang bisa YouTube. Semua STB tersebut dibekali langsung dengan aplikasi bawaan YouTube. Beberapa di antaranya, ada pula yang dibekali dengan aplikasi bawaan TikTok.

Umumnya, Set Top Box YouTube dibekali dengan fitur konektivitas perangkat dongle WiFi (alat penerima koneksi internet WiFi). Dongle WiFi dihubungkan di port USB pada STB agar dapat menerima koneksi internet.

Dengan adanya koneksi internet dari WiFi tersebut, TV analog yang terpasang STB dapat digunakan mengakses aplikasi bawaan YouTube dan menontonnya.

Baca juga: Apakah Pakai Set Top Box Harus Ganti Antena untuk Nonton Siaran Digital di TV Analog?

Demikianlah penjelasan seputar Set Top Box yang dapat dipakai buat nonton YouTube di TV analog biasa, selain menerima sinyal siaran TV digital, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.