Kompas.com - Diperbarui 14/11/2022, 08:27 WIB

KOMPAS.com - Pemilik sekaligus CEO Twitter, Elon Musk, mengungkapkan bahwa Twitter bisa saja bangkrut tahun 2023 mendatang.

Menurut sumber yang dekat dengan hal ini, Elon Musk mengatakan hal tersebut pada pertemuan perdana dengan karyawan Twitter pasca-akuisisi. 

Menurut sumber, Musk mengatakan bahwa bila dihitung-hitung, Twitter bakal memiliki arus kas (cash flow) negatif tahun depan. Artinya, perusahaan memiliki lebih banyak uang yang dibelanjakan ketimbang uang yang didapatkan.

Melihat kondisi itu, Musk mengatakan bahwa "kebangkrutan bukan hal yang tidak mungkin, jika Twitter tidak bisa menghasilkan lebih banyak uang daripada uang yang dibelanjakan".

Baca juga: Drama Twitter Setelah Elon Musk Berkuasa, PHK Massal hingga Makin Cari Cuan

Seretnya cash flow Twitter tampaknya didorong oleh beberapa faktor. Salah satunya, faktor sejumlah pengiklan yang kabur setelah Twitter diambil alih oleh Musk. Kondisi ini membuat Twitter merugi sekitar 4 juta dollar AS (sekitar Rp 62 miliar) setiap harinya.

Makanya, Elon Musk mengambil langkah pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap sekitar 3.700 karyawan Twitter. Angka ini mencerminkan hampir 50 persen dari total 7.500 karyawan Twitter secara global.

Tak hanya pengiklan, utang juga jadi persoalan. Saat ini, Twitter dilaporkan memiliki utang sebesar 18,5 miliar dollar AS (setara Rp 286,9 triliun), sebagaimana dihimpun dari Forbes.

Dari angka itu, 13 miliar dollar AS (sekitar Rp 201,6 triliun) merupakan utang pinjaman yang diambil Musk untuk mendanai akuisisi Twitter senilai 44 miliar dollar AS (sekitar Rp 634 triliun).

Kini, Elon Musk membebani Twitter dengan pembayaran bunga sebesar 1,2 miliar dollar AS (kira-kira Rp 18,6 triliun) dalam 12 bulan ke depan.

Pembayar bunga itu melebihi cash flow yang dimiliki Twitter, yang baru-baru ini diungkapkan berjumlah 1,1 miliar dollar AS (sekitar Rp 17 triliun) pada akhir Juni 2022.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.