Kompas.com - 11/11/2022, 20:00 WIB

KOMPAS.com - Intel akhirnya meluncurkan CPU dan GPU baru dalam seri Xeon Max. Kedua komponen ini dirilis untuk menunjang beban kerja komputasi yang tinggi (High Performance Computing/HPC) misalnya untuk superkomputer, server atau data center.

CPU Xeon Max adalah prosesor pertama berbasis arsitektur x86 dan satu-satunya yang dibekali memori bandwidth tinggi. Dukungan ini membuat CPU tersebut bisa memproses banyak beban kerja HPC tanpa perlu mengubah kode.

Dalam praktiknya, CPU itu juga didukung dengan software oneAPI dan AI Intel 2023 agar bisa mengintegrasikan kode antara CPU dengan GPU dan memproses data komputasi lebih cepat.

Baca juga: Intel Pamer Thunderbolt Generasi Baru, Kecepatan Transfer Data Maksimum 120 Gbps

"Rangkaian produk Intel Max Series hadir dengan memori bandwidth tinggi ke pasar yang lebih luas, bersama dengan oneAPI (akan) memudahkan praktik berbagi kode antara CPU dan GPU serta menyelesaikan tantangan terbesar dunia dengan lebih cepat," kata Jeff McVeigh, Corporate Vice President dan General Manager, Intel Super Compute Group, dikutip KompasTekno dari situs resmi Intel, Jimat(11/11/2022).

Secara teknis CPU Intel Xeon Max menawarkan hingga 56 core atau inti yang dibangun dengan empat tiles yang didukung teknologi embedded multi-die interconnect bridge (EMIB) dengan 350 watt envelope.

CPU ini juga dilengkapi dengan memori 64 GB disertai paket bandwidth tinggi serta PCI Express 5.0 dan CXL1.1 I/O. Dengan dukungan ini, CPU Xeon Max diklaim mampu menyediakan lebih dari 1 GB memori bandwidth tinggi (HBM) per core, sehingga dinilai mumpuni dalam menunjang sebagian besar beban kerja HPC.

CPU Intel Xeon Max Series awalnya dikenal dengan kode Sapphire Rapids HBM. Setelah diumumkan, komponen ini akan tersedia pada Januari 2023.

Baca juga: Intel Umumkan Harga GPU Arc A770, Kapan Bisa Dibeli?

Menurut Intel, CPU itu ke depannya akan menopang dapur pacu superkomputer milik Los Alamos National Laboratorium, Universitas Kyoto dan superkomputer lainnya.

Intel mengeklaim CPU Xeon Max Series akan digunakan oleh 12 vendor termasuk HP, Dell, Lenovo, dan Supermicro di 30 desain sistem lebih.

Adapun GPU Max Series akan menopang superkomputer Aurora milik Departemen Energi AS yang peluncurannya tertunda cukup lama. Aurora sendiri nantinya akan menjadi superkomputer kedua di AS yang menawarkan kecepatan tinggi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Intel


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.