Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER TEKNO] Kabar PHK GoTo, "Surat" Pertama Elon Musk, dan HP Baru Oppo Harga Rp 1 Jutaan

Kompas.com - 12/11/2022, 05:30 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

KOMPAS.com - Menjelang akhir pekan, kabar soal pemutusan hubungan kerja (PHK), masih mendominasi berita teknologi. Setelah Meta dan Twitter, kabar PHK terbaru justru datang dari perusahaan teknologi dalam negeri, yakni GoTo, perusahaan hasil gabungan Gojek dan Tokopedia.

Selain isu PHK karyawan GoTo, "surat" pertama Elon Musk kepada karyawan Twitter setelah resmi diakuisisi juga menarik perhatian pembaca KompasTekno sepanjang Jumat (11/11/2022).

Bagaimana isi "surat" tersebut? Lalu, berita teknologi apa lagi yang sayang untuk dilewatkan pembaca? Berikut rangkuman berita teknologi terpopuler sepanjang Jumat (11/11/2022).

Baca juga: [POPULER TEKNO] Misteri Nomor WA Orang yang Meninggal Keluar dari Grup, Penyebab PHK Facebook, dan Tampang iPhone Lipat

GoTo PHK 1.000 karyawan?

Seolah menyusul langkah Meta dan Twitter, GoTo dikabarkan akan melakukan PHK demi mencapai profitabilitas. Menurut laporan Bloomberg, sumber terdekat mengungkapkan kurang lebih ada 1.000 karyawan GoTo yang terancam PHK.

Jumlah tersebut mewakili 10 persen dari total karyawan GoTo dan konon bakal berdampak pada semua divisi. Kabarnya, pemecatan itu dilakukan beberapa minggu ke depan.

Lantas, apakah PHK tersebut berlaku untuk Indonesia saja atau seluruh wilayah operasional GoTo? Jawabannya bisa disimak di artikel berikut "GoTo Dikabarkan Bakal PHK 1.000 Karyawan".

24.000 karyawan perusahaan teknologi terdampak PHK

Masih soal PHK. Menurut data lembaga sumber daya manusia (SDM) Challenger, Gray & Christmas, puluhan ribu karyawan yang bekerja di perusahaan teknologi, terdampak PHK dalam kurun waktu dua bulan terakhir. Per Oktober lalu, jumlah karyawan di industri teknologi yang terdampak PHK mencapai 9.587 orang.

Jumlah itu belum ditambah karyawan Twitter dan Meta yang terdampak PHK. Seperti diketahui, dua perusahaan jejaring sosial itu baru melakukan PHk di awal November ini.

Jika ditotal dengan Twitter dan Meta, maka jumlah karyawan perusahaan teknologi yang terdampak PHK mencapai 24.297 orang.

Sepanjang tahun 2022, cukup banyak perusahaan teknologi dunia yang melakukan PHK. Lantas, berapa total karyawan terdampak PHK sepanjang tahun 2022? Jawabannya ada di artikel "Dua Bulan, 24.000 Karyawan Perusahaan Teknologi Terdampak PHK".

"Surat" pertama Elon Musk untuk karyawan Twitter

Sejak resmi mengakuisisi Twitter akhir Oktober lalu, Elon Musk akhirnya memberikan "surat" untuk karyawan Twitter yang dikirim melalui e-mail. Ada bayak hal yang dipaparkan pemilik sekaligus CEO sementara Twitter itu dalam "suratnya".

Salah satunya adalah peringatan Musk soal kondisi ekonomi makro global yang memengaruhi bisnis Twitter. Musk juga mengumumkan kebijakan baru terkait budaya kerja Twitter.
Isi "surat" pertama Elon Musk untuk seluruh karyawan Twitter bisa dibaca di artikel "Isi Surat Pertama Elon Musk ke Karyawan Twitter, Beri Peringatan dan Permintaan".

Bisakan STB digunakan untuk nonton YouTube?

Per 2 November lalu, pemerintah mulai melakukan migrasi siaran TV analog atau Analog Switch Off (ASO) secara bertahap. Masyarakat yang tinggal di daerah terdampak ASO harus beralih ke TV digital atau menggunakan set top box (STB) agar TV analog yang dimiliki bisa menampilkan siaran digital.

Siaran TV Digital bisa diakses secara gratis tanpa internet. Namun, sebagian masyarakat tampaknya penasaran, apakah perangkat STB bisa digunakan untuk mengakses internet dan menonton YouTube di TV? Penjelasannya bisa disimak di artikel "Apakah Set Top Box atau Digital TV Box Bisa Dipakai buat Nonton YouTube?".

Oppo A17k resmi di Indonesia

Oppo resmi merilis ponsel entry-level barunya ke pasar Indonesia, yakni Oppo A17k. Ponsel ini sudah dirilis di India bulan Oktober lau.

Penerus Oppo A16 ini mengunggulkan desain smartphone yang diklaim lebih segar. Misalnya saja, bodi ponsel dirancang dengan Retro Ultra Slim Design yang dilengkapi bingkai tengah dan memiliki tepian yang datar.

Di Indonesia, harga Oppo A17k adalah Rp 1.799.000. Dengan harga tersebut, seperti apa spesifikasi Oppo A17k di Indonesia? Simak selengkapnya di artikel "Oppo A17k Resmi di Indonesia, Harga Rp 1,8 Juta".

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com