Kompas.com - 14/11/2022, 08:45 WIB
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Dana investasi nasabah di bursa mata uang kripto (cryptocurrency) populer FTX senilai 1 miliar dolar AS (sekitar Rp 15,4 triliun) dilaporkan raib. Setidaknya begitu menurut laporan Reuters yang mengutip sejumlah sumber industri.

Konon, uang triliunan rupiah tersebut raib usai FTX "diam-diam" memindahkan 10 miliar dolar AS (sekitar Rp 154,7 triliun) dana nasabah ke perusahaan trading Alamada Research.

Alamada Research diketahui merupakan perusahaan trading yang juga dimiliki bos FTX, yaitu Sam Bankman-Fried.

Dalam sebuah pernyataan, Bankman-Fried mengonfirmasi bahwa pemindahan dana nasabah senilai 10 miliar dolar AS tadi tidak dilakukan secara rahasia.

Sebab, seluruh bukti transfer dana nasabah ke Alamada Research tersebut dikuak dalam sebuah pertemuan yang digelar Bankman-Fried belum lama ini.

Kabarnya, pertemuan yang membicarakan soal bisnis FTX dan Alamada Research ini menemukan fakta bahwa ada sekitar 1-2 miliar dolar AS (sekitar Rp 15,4-30,9 triliun) dari 10 miliar dolar AS yang tidak tercatat di dalam dokumen transaksi pemindahan dana.

Baca juga: Harga Bitcoin Anjlok di Tengah Isu Binance Beli FTX, Terendah dalam 2 Tahun

Dokumen yang ditunjukkan dalam pertemuan ini tidak mengumbar ke mana uang belasan hingga puluhan triliun rupiah itu ditransfer. Sehingga, ada beberapa yang mengira bahwa dana nasabah sekitar 1-2 miliar dolar AS ini dikirim ke rekening pribadi Bankman-Fried.

Menurut kabar yang beredar di internet, transaksi misterius yang bernilai 1 miliar dolar AS ini bisa terjadi lantaran Bankman-Fried diduga telah memasang sebuah software canggih yang bisa mengakses sistem pembukuan FTX secara bebas.

Dengan software ini, Bankman-Fried disebut bisa melakukan segala transaksi dari dana nasabah yang tersimpan di FTX secara diam-diam tanpa diketahui pihak manapun.

Bankman-Fried membantah dugaan bahwa ia telah memasang software bersifat backdoor tersebut di sistem FTX. Selain itu, ia juga menyangkal bahwa ia mentransfer sekitar 1 miliar dolar AS uang nasabah FTX ke rekening pribadinya.

Baca juga: Kisah AA, Korban Pig Butchering Asal Indonesia yang Rugi Rp 500-an Juta

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.