Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Strategi Baru Samsung, Bikin Galaxy S23 Lebih Hemat?

Kompas.com - 14/11/2022, 09:31 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber SamMobile

KOMPAS.com - Menjelang akhir tahun 2022, rumor soal keberadaan ponsel flagship Samsung Galaxy S23 semakin deras tersiar.

Yang terbaru, Samsung konon bakal mengadopsi strategi anyar untuk memotong biaya ponsel Galaxy S23 versi reguler. Dengan ini, Galaxy S23 disebut-sebut bisa saja hadir dengan harga yang lebih murah.

Sebab, menurut rumor yang beredar, Samsung bakal memangkas atau menurunkan beberapa spesifikasi Samsung Galaxy S23 versi standar.

Salah satu spesifikasi yang kena imbas pemangkasan adalah teknologi motor getaran untuk umpan balik haptic (haptic feedback). Hal tersebut diungkap akun @chunvn8888, pembocor gadget kenamaan yang kerap mengumbar bocoran produk Samsung dengan akurat.

Fitur haptic feedback memungkinkan keyboard ponsel mengeluarkan sedikit getaran (vibrating) ketika digunakan pengguna.

Baca juga: Bocoran Hasil Foto Samsung Galaxy S23 Ultra Beredar, Sebagus Apa Hasilnya?

Sayangnya, akun @chunvn8888 tidak memberikan bocoran lain soal pemangkasan haptic feedback pada Galaxy S23 reguler tersebut. Pun, tidak ada bocoran soal prediksi harga Galaxy S23 versi reguler yang disebut bisa lebih murah dari pendahulunya, Galaxy S22.

Namun, dari rumor itu bisa ada dua skenario. Pertama, bisa berarti bahwa Galaxy S23 Plus dan Galaxy S23 Ultra akan mendapatkan haptic feedback yang lebih baik dibanding Galaxy S22 (2022), sementara Galaxy S23 tidak.

Atau bisa juga, model Galaxy S23 Plus dan Ultra akan mendapatkan haptic feedback yang sama dengan seri Galaxy S22, sedangkan teknologi haptic feedback Galaxy S23 benar-benar akan diturunkan, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari SamMobile, Sabtu (12/11/2022).

Dalam laporannya, SamMobile mengatakan tak ada jaminan bahwa Galaxy S23 versi reguler bisa lebih murah dibanding Galaxy S22, meski mengadopsi strategi pemangkasan biaya.

Kemungkinan, Samsung bakal menghadirkan Galaxy S23 yang lebih murah lewat lini seri Fan Edition (FE), seperti Galaxy S21 FE yang lebih murah dibanding Galaxy S21 reguler.

Namun, hal ini juga belum pasti, sebab terakhir kali Samsung menghadirkan lini Fan Edition adalah melalui Galaxy S21 FE (Januari 2022). Belum ada tanda-tanda Samsung bakal menghadirkan Samsung Galaxy S22 FE sebagai model termurah di lini Galaxy S22 series.

Baca juga: Resmi, Ini Harga Samsung Galaxy A04e di Indonesia

Bocoran Samsung Galaxy S23

Samsung disinyalir tengah bersiap meluncurkan Galaxy S23, S23 Plus, dan S23 Ultra pada Februari 2023 mendatang.

Menurut informasi dari media asal Korea Selatan, Galaxy S23 Series kemungkinan bakal meluncur pada minggu pertama Februari 2023, atau sekitar tanggal 30 Januari - 5 Februari 2023 mendatang.

Selain tanggal peluncuran, bocoran mengenai chipset yang diusung Samsung Galaxy S23 series juga mencuat. Semua ponsel flagship Samsung Galaxy S23 Series diduga kuat hanya akan ditenagai dengan chipset terbaru bikinan Qualcomm dari seri Snapdragon.

Bocoran lain mengungkapkan bahwa model teratas Galaxy S23 Ultra bakal dibekali kamera 200 MP.

Masih soal fotografi, kamera 200 MP di Galaxy S23 Ultra juga konon bakal ditemani dengan kamera telefoto yang sama dengan Galaxy S22 Ultra.

Meski sama, teknologi dan fitur pemrosesan gambar di Galaxy S23 Ultra disebut bakal lebih mumpuni dibanding Galaxy S22 Ultra.

Belum bisa dipastikan apakah rumor pemangkasan haptic feedback di atas, begitu juga bocoran soal spesifikasi kamera tadi, akurat atau tidak. Sebab, Samsung sendiri belum mengonfirmasi kehadiran penerus Samsung Galaxy S22 series. Kita utnggu saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SamMobile
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com