BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Oppo

Seperti Apa TWS yang Cocok untuk Aktivitas Kerja Hibrida dan WFA?

Kompas.com - 14/11/2022, 13:45 WIB

KOMPAS.com - Sistem kerja hibrida sudah umum diterapkan sebagai langkah adaptif selama pandemi Covid-19. Dengan sistem ini, pekerja bisa menyelesaikan tugas di kantor dan bekerja dari mana saja atau work from anywhere (WFA).

Saat melakukan WFA, perangkat true wireless stereo (TWS) penting dimiliki untuk menunjang pekerjaan, seperti meeting. Karena tanpa kabel, TWS pun memudahkan pekerja dalam beraktivitas.

Saat ini, beragam jenis TWS tersedia di pasaran. Namun, tidak semua TWS bisa mendukung keperluan WFA. Setidaknya, TWS harus memiliki lima fitur terkini berikut agar cocok dipakai untuk bekerja.

1. Active Noise Cancellation

Fitur pertama yang wajib dimiliki TWS untuk menunjang aktivitas pekerjaan di luar ruangan adalah Active Noise Cancellation (ANC). Fitur ini membuat TWS dapat mengurangi kebisingan di sekitar lokasi.

Baca juga: TWS Oppo Enco Air2 Pro dan Enco Buds2 Resmi di Indonesia, Harga Mulai Rp 400.000

Dengan demikian, pengguna tidak perlu mencari tempat sepi untuk menghindari keramaian bila hendak bekerja. Pengguna bisa tetap fokus saat melakukan online meeting atau aktivitas pekerjaan lain, meski berada di tengah keramaian.

Fitur tersebut juga berguna saat pengguna mendengarkan musik sembari bekerja atau bermain game ketika jam istirahat.

2. Dual-Mic AI Noise Cancellation

Selain meredam suara bising, TWS keluaran terkini juga harus memiliki mikrofon noise cancellation dan algoritma AI Call Noise Cancellation.

Kedua fitur tersebut mampu meredam suara bising dari lingkungan sekitar sehingga tidak masuk ke dalam mikrofon. Hal ini mampu meningkatkan kejernihan suara atau vokal pengguna selama panggilan.

Dengan demikian, pengguna dapat mendengar dan didengar secara jelas setiap saat, bahkan di tengah keramaian.

3. Kontrol audio untuk efektifitas tinggi

Salah satu keunggulan TWS ketimbang earphone biasa adalah kemampuannya mengatur audio. Dengan menggunakan TWS, pengguna tak perlu menyentuh perangkat laptop atau smartphone untuk mengontrol audio sesuai keinginan.

Oppo Enco Air2 Pro dapat melakukan pengaturan audio melalui perangkat TWS. DOK. Oppo. Oppo Enco Air2 Pro dapat melakukan pengaturan audio melalui perangkat TWS.

Perangkat TWS yang mumpuni memungkinkan pengguna mengatur audio dengan tombol sentuh yang responsif di setiap earpiece.

Pengguna bisa melakukan berbagai pengaturan audio, seperti mengontrol play dan pause lagu, beralih ke lagu berikutnya, menutup telepon, masuk ke voice assistant, beralih ke noise cancelling mode, serta membesarkan dan mengecilkan volume hanya lewat gestur.

4. Baterai besar untuk pemakaian lama

Pekerja yang melaksanakan WFA umumnya bisa menghabiskan waktu berjam-jam di kafe atau co-working space. Guna menunjang pekerjaan di luar kantor, TWS juga harus memiliki baterai berkapasitas besar agar bisa dipakai selama pekerjaan berlangsung.

TWS yang ideal digunakan untuk WFA setidaknya memiliki baterai dengan daya tahan hingga 7 jam ketika dipakai mendengarkan musik. Selain itu, TWS juga harus bisa mengisi daya baterai dengan cepat. Sebagai contoh, dengan pengisian daya selama 10 menit, TWS harus bisa digunakan untuk mendengarkan musik hingga 2 jam.

Baca juga: Tabel Spesifikasi dan Harga Oppo A17k di Indonesia

Dengan kemampuan daya seperti itu, TWS dapat digunakan untuk menunjang pekerjaan, mendengarkan musik favorit, serta bermain game tanpa khawatir kehabisan baterai.

5. Desain stylish dan ergonomis untuk kenyamanan

Tak hanya berfungsi dengan baik, TWS yang ideal untuk WFA juga harus memiliki desain ergonomis agar nyaman digunakan berjam-jam.

Meskipun memiliki driver berdiafragma yang besar untuk menunjang kualitas suara, perangkat TWS setidaknya harus tetap nyaman dan pas di telinga.

Selain itu, bahan yang digunakan pada TWS juga harus ramah di kulit agar tidak menimbulkan iritasi. Misalnya, penutup telinga silikon ramah kulit untuk memberikan kenyamanan optimal di telinga.

Oppo Enco Air2 Pro. DOK. Oppo. Oppo Enco Air2 Pro.

Tak sekadar nyaman, TWS yang ideal pun harus bisa menunjang outfit pemakainya. Sebagai contoh TWS teranyar dari Oppo, yakni Oppo Enco Air2 Pro. TWS ini memiliki casing refraktif yang inovatif untuk menunjang kelancaran pekerjaan secara WFA.

TWS teratas dari Oppo itu juga memiliki driver diafragma besar Titanized 12,4 milimeter (mm). Driver ini memiliki area getaran 89 persen ketimbang driver TWS biasa yang umumnya berukuran 9 mm.

Dengan demikian, TWS itu dapat menghasilkan suara bas yang lebih dalam, rentang suara yang lebih luas, serta pengalaman audio yang lebih dalam dan nyata. Oppo Enco Air2 Pro beroperasi dengan dua kanal Bluetooth 5.2 pada bagian kiri dan kanan earbud yang mampu digunakan pada jarak hingga 10 meter.

Selain mampu meredam kebisingan, fitur ANC pada Oppo Enco Air2 Pro memungkinkan pengguna untuk bekerja dengan nyaman, walau di tengah keramaian.

Baca juga: Tabel Spesifikasi dan Harga Oppo Reno5 Terbaru November 2022

Pasalnya, fitur ANC membuat TWS dapat mengurangi kebisingan di sekitar lokasi. Terdapat pula fitur Dual-Mic AI Noise Cancellation yang mampu membuat suara tetap jernih untuk didengar, walaupun suasana sedang bising. Dengan demikian, aktivitas meeting dan panggilan telepon tetap nyaman dilakukan. 

Oppo Enco Air2 Pro dibekali mode transparansi. Mode ini membuat suara audio pada TWS berhenti sejenak saat pengguna sedang berbicara dengan orang lain. Dengan demikian, pengguna tidak perlu melepas perangkat TWS. Untuk menggunakan mode ini, pengguna cukup menyentuh dan tahan earbud selama berbicara dengan orang lain.

Untuk kontrol audio, pengguna bisa melakukannya dengan mudah pada Oppo Enco Air2 Pro. Pengguna bisa menyentuh TWS sekali untuk kontrol play dan pause lagu.

Selanjutnya, menyentuh TWS dua kali untuk beralih ke lagu berikutnya atau menolak panggilan telepon, menyentuh tiga kali untuk voice assistance, menyentuh dan tahan selama 1 detik untuk beralih ke noise cancelling mode, serta menyentuh dan tahan selama 4 detik untuk menaikkan atau menurunkan volume serta beralih antarperangkat.

Oppo Enco Air2 Pro. DOK. Oppo. Oppo Enco Air2 Pro.

Oppo Enco Air2 Pro juga dilengkapi fitur dual-device fast switch. Fitur ini memungkinkan TWS dapat terhubung ke dua perangkat sekaligus. Dengan demikian, pengguna dapat mengalihkan perangkat TWS ke smartphone, laptop, serta tablet.

Oppo Enco Air2 Pro memiliki latensi game ultrarendah sebesar 94 milisecond (ms) kubik. Dengan latensi audio yang lebih sedikit, kamu dapat mendengarkan suara meeting tanpa mengalami gangguan suara delay.

Selain itu, perangkat audio dari Oppo tersebut juga telah dibekali sertifikasi IP54. Artinya, Enco Air2 Pro tahan debu dan air. Dengan demikian, perangkat TWS tetap aman bila tidak sengaja terkena tumpahan air di meja kerja.

Enco Air2 Pro dibekali sertifikasi IP54 sehingga aman saat terkena cipratan air. DOK. Oppo. Enco Air2 Pro dibekali sertifikasi IP54 sehingga aman saat terkena cipratan air.

Dari segi daya, Enco Air2 Pro dibekali baterai berkapasitas 43 miliampere per hour (mAh) untuk masing-masing earbud. Sementara itu, baterai charging case-nya berkapasitas 440 mAh.

Dengan kapasitas tersebut, Enco Air2 Pro dapat bertahan selama 7 jam dan aktif hingga 28 jam dengan casing pengisi daya. Selain itu, hanya dengan pengisian daya selama 10 menit, TWS juga bisa digunakan selama 2 jam.

Sebagai informasi, Enco Air2 Pro memiliki dua varian warna, yakni putih dan abu-abu. Perangkat seharga Rp 1.099.000 ini bisa dibeli secara daring di seluruh e-commerce di Indonesia dan aplikasi Oppo Store.

Selain online, Enco Air2 Pro juga bisa didapatkan di jaringan Oppo Store dan partner retail resmi Oppo di seluruh Indonesia. Untuk informasi lebih lengkap mengenai Enco Air2 Pro, silakan klik tautan ini.

Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.