Kompas.com - 14/11/2022, 19:00 WIB

KOMPAS.com - Platform perpesanan instan Whatsapp mulai menggelontorkan satu fitur baru lagi. Fitur ini disebut bisa meredam kebisingan notifikasi dari grup WhatsApp (grup WA).

Sebab, WhatsApp akan secara otomatis "membisukan" (mute) grup WA berskala besar, yang dihuni setidaknya 256 anggota atau setengah dari kapasitas maksimal anggota grup. Seperti yang diketahui, Whatsapp telah memperbesar kapasitas jumlah peserta grupnya dari 256 peserta menjadi 512 anggota pada September lalu.

Fitur bisukan grup otomatis ini tidak berlaku untuk grup berskala kecil dengan anggota kurang dari 256 partisipan.

Fitur ini berbeda dengan "mute" grup yang ada saat ini, di mana pengguna harus membisukan notifikasi grup secara manual satu per satu, baik untuk grup skala kecil maupun besar. Pengguna juga hanya bisa membisukan grup dalam periode tertentu, yakni selama delapan jam, satu minggu, hingga selamanya.

Baca juga: Cara Membuat dan Bagikan Link Grup WhatsApp Komunitas

Informasi fitur ini awalnya diumbar oleh situs yang dikenal membocorkan calon fitur baru Whatsapp, yakni WA Beta Info. Menurut WA Beta Info, fitur ini sudah mulai tersedia untuk beberapa pengguna Whatsapp versi beta.

Sehingga, pengguna WhatsApp publik kemungkinan belum kebagian fitur ini. Fitur ini sudah tersedia di WhatsApp beta untuk Android versi 2.22.24.15. WA Beta Info menyebut ada kemungkinan pengguna WhatsApp beta versi 2.22.24.9, 2.22.24.10, 2.22.24.11, dan 2.22.24.14 sudah kebagian fitur ini..

WA Beta Info juga membagikan tangkapan layar (screenshot) fitur ini. Dalam screenshot itu, muncul sebuah prompt (pringatan) bahwa grup tersebut berisi lebih dari 256 anggota dan secara otomatis akan dibisukan.

"Grup ini berisi lebih dari 256 partisipan dan telah dibisukan secara otomatis untuk mengurangi notifikasi," isi peringatan tersebut.

Whatsapp merilis fitur baru yang dapat membisukan grup Whatsapp berisikan lebih dari 256 anggota secara otomatisWABetaInfo Whatsapp merilis fitur baru yang dapat membisukan grup Whatsapp berisikan lebih dari 256 anggota secara otomatis

Meskipun dibisukan secara otomatis, pengguna bisa menyalakan notifikasi grup kembali secara manual kapanpun. Seperti dikatakan sebelumnya, fitur bisukan notifikasi grup WA otomatis baru tersedia untuk beberapa pengguna.

Kemungkinan, fitur ini akan segera hadir ke pengguna WhatsApp publik dalam waktu dekat.  Selain fitur bisukan grup WA berskala besar secara otomatis, WhatsApp juga dikabarkan mulai menggelontorkan fitur obrolan sendiri ke pengguna beta.

Baca juga: Cara Membuat Komunitas di WhatsApp untuk Tampung Banyak Grup

Pengguna dapat memulai obrolan "monolog" dengan membuat ruang obrolan dengan satu orang saja.

Jika sudah mendapat fitur ini, pengguna bisa mencoba membuat obrolan dengan akun sendiri dengan cara mengetuk ikon “New Message” di bagian bawah kanan layar, cari kontak yang bertuliskan “Saya” atau “Me” dengan tulisan "Send message to yourself", sebagaimana dihimpun dari Financial Express, Senin (14/11/2022).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber WABetaInfo


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.