Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Baru WhatsApp Bisa Bisukan Grup Besar secara Otomatis

Kompas.com - 14/11/2022, 19:00 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber WABetaInfo

KOMPAS.com - Platform perpesanan instan Whatsapp mulai menggelontorkan satu fitur baru lagi. Fitur ini disebut bisa meredam kebisingan notifikasi dari grup WhatsApp (grup WA).

Sebab, WhatsApp akan secara otomatis "membisukan" (mute) grup WA berskala besar, yang dihuni setidaknya 256 anggota atau setengah dari kapasitas maksimal anggota grup. Seperti yang diketahui, Whatsapp telah memperbesar kapasitas jumlah peserta grupnya dari 256 peserta menjadi 512 anggota pada September lalu.

Fitur bisukan grup otomatis ini tidak berlaku untuk grup berskala kecil dengan anggota kurang dari 256 partisipan.

Fitur ini berbeda dengan "mute" grup yang ada saat ini, di mana pengguna harus membisukan notifikasi grup secara manual satu per satu, baik untuk grup skala kecil maupun besar. Pengguna juga hanya bisa membisukan grup dalam periode tertentu, yakni selama delapan jam, satu minggu, hingga selamanya.

Baca juga: Cara Membuat dan Bagikan Link Grup WhatsApp Komunitas

Informasi fitur ini awalnya diumbar oleh situs yang dikenal membocorkan calon fitur baru Whatsapp, yakni WA Beta Info. Menurut WA Beta Info, fitur ini sudah mulai tersedia untuk beberapa pengguna Whatsapp versi beta.

Sehingga, pengguna WhatsApp publik kemungkinan belum kebagian fitur ini. Fitur ini sudah tersedia di WhatsApp beta untuk Android versi 2.22.24.15. WA Beta Info menyebut ada kemungkinan pengguna WhatsApp beta versi 2.22.24.9, 2.22.24.10, 2.22.24.11, dan 2.22.24.14 sudah kebagian fitur ini..

WA Beta Info juga membagikan tangkapan layar (screenshot) fitur ini. Dalam screenshot itu, muncul sebuah prompt (pringatan) bahwa grup tersebut berisi lebih dari 256 anggota dan secara otomatis akan dibisukan.

"Grup ini berisi lebih dari 256 partisipan dan telah dibisukan secara otomatis untuk mengurangi notifikasi," isi peringatan tersebut.

Whatsapp merilis fitur baru yang dapat membisukan grup Whatsapp berisikan lebih dari 256 anggota secara otomatisWABetaInfo Whatsapp merilis fitur baru yang dapat membisukan grup Whatsapp berisikan lebih dari 256 anggota secara otomatis

Meskipun dibisukan secara otomatis, pengguna bisa menyalakan notifikasi grup kembali secara manual kapanpun. Seperti dikatakan sebelumnya, fitur bisukan notifikasi grup WA otomatis baru tersedia untuk beberapa pengguna.

Kemungkinan, fitur ini akan segera hadir ke pengguna WhatsApp publik dalam waktu dekat.  Selain fitur bisukan grup WA berskala besar secara otomatis, WhatsApp juga dikabarkan mulai menggelontorkan fitur obrolan sendiri ke pengguna beta.

Baca juga: Cara Membuat Komunitas di WhatsApp untuk Tampung Banyak Grup

Pengguna dapat memulai obrolan "monolog" dengan membuat ruang obrolan dengan satu orang saja.

Jika sudah mendapat fitur ini, pengguna bisa mencoba membuat obrolan dengan akun sendiri dengan cara mengetuk ikon “New Message” di bagian bawah kanan layar, cari kontak yang bertuliskan “Saya” atau “Me” dengan tulisan "Send message to yourself", sebagaimana dihimpun dari Financial Express, Senin (14/11/2022).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber WABetaInfo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com