Kompas.com - 15/11/2022, 09:00 WIB

KOMPAS.com - Pengiriman ponsel di Indonesia mengalami penurunan sebesar 21 persen year on year (YoY) pada kuartal III-2022, berdasar laporan dari firma riset pasar Counterpoint Research.

Salah satu fakfor yang memengaruhi menurunnya pengiriman smartphone di Indonesia adalah  faktor ekonomi makro yang tidak kunjung pulih. Ketidakjelasan kondisi ekonomi mengakibatkan pasar smartphone juga ikut melesu.

Dalam laporannya, Counterpoint mencatat bahwa penurunan yang dihadapi di Indonesia cukup signifikan, jika dibandingkan dengan kuartal III-2021 atau periode sama tahun lalu.

Baca juga: Mal Ditutup karena PPKM Darurat, Tukang Servis HP Buka Lapak di Pinggir Jalan

Sebab, pada 2021 lalu, pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) sempat dilonggarkan sehingga membuat pengiriman ponsel menjadi lebih tinggi dibanding 2022.

“Pemintaan smartphone yang tinggi pada kuartal III-2021 usai pelonggaran pembatasan kegiatan masyarakat (akibat) Covid-19 mendorong pengiriman (smartphone) yang lebih tinggi" tulis Counterpoint dalam laporannya, dirangkum KompasTekno, Selasa (15/11/2022).

"(sehingga) membuat (pengiriman ponsel) kuartal III-2022 ini terlihat lebih buruk,” lanjut Counterpoint.

Oppo nomor satu

Oppo menurut Counterpoint menjadi vendor ponsel di Indonesia dengan pangsa pasar terbesar, diikuti oleh Samsung dan Vivo di belakangnya. Meski demikian, Counterpoint tidak merinci berapa pangsa pasar masing-masing.

Baca juga: Oppo Indonesia Ungkap Seri Ponsel yang Laris Saat Ini

Yang pasti menurut Counterpoint, Oppo berhasil menjadi vendor ponsel nomor satu di Indonesia berkat penjualan dari lini smartphone A-series, seperti Oppo A16, A57, hingga Reno series.

Tidak hanya itu, strategi pemasaran yang diterapkan juga menjadi faktor pendukung. Misalnya, Oppo melakukan pemasaran produknya secara agresif dan menjual berbagai macam model smartphone, diikuti dengan rentang harga yang berbeda-beda.

Sehingga hal-hal tersebut dapat mendorong pertumbuhan perusahaan secara signifikan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.