Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada PPKM, Pengiriman Ponsel Indonesia Turun 21 Persen

Kompas.com - 15/11/2022, 09:00 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pengiriman ponsel di Indonesia mengalami penurunan sebesar 21 persen year on year (YoY) pada kuartal III-2022, berdasar laporan dari firma riset pasar Counterpoint Research.

Salah satu fakfor yang memengaruhi menurunnya pengiriman smartphone di Indonesia adalah  faktor ekonomi makro yang tidak kunjung pulih. Ketidakjelasan kondisi ekonomi mengakibatkan pasar smartphone juga ikut melesu.

Dalam laporannya, Counterpoint mencatat bahwa penurunan yang dihadapi di Indonesia cukup signifikan, jika dibandingkan dengan kuartal III-2021 atau periode sama tahun lalu.

Baca juga: Mal Ditutup karena PPKM Darurat, Tukang Servis HP Buka Lapak di Pinggir Jalan

Sebab, pada 2021 lalu, pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) sempat dilonggarkan sehingga membuat pengiriman ponsel menjadi lebih tinggi dibanding 2022.

“Pemintaan smartphone yang tinggi pada kuartal III-2021 usai pelonggaran pembatasan kegiatan masyarakat (akibat) Covid-19 mendorong pengiriman (smartphone) yang lebih tinggi" tulis Counterpoint dalam laporannya, dirangkum KompasTekno, Selasa (15/11/2022).

"(sehingga) membuat (pengiriman ponsel) kuartal III-2022 ini terlihat lebih buruk,” lanjut Counterpoint.

Oppo nomor satu

Oppo menurut Counterpoint menjadi vendor ponsel di Indonesia dengan pangsa pasar terbesar, diikuti oleh Samsung dan Vivo di belakangnya. Meski demikian, Counterpoint tidak merinci berapa pangsa pasar masing-masing.

Baca juga: Oppo Indonesia Ungkap Seri Ponsel yang Laris Saat Ini

Yang pasti menurut Counterpoint, Oppo berhasil menjadi vendor ponsel nomor satu di Indonesia berkat penjualan dari lini smartphone A-series, seperti Oppo A16, A57, hingga Reno series.

Tidak hanya itu, strategi pemasaran yang diterapkan juga menjadi faktor pendukung. Misalnya, Oppo melakukan pemasaran produknya secara agresif dan menjual berbagai macam model smartphone, diikuti dengan rentang harga yang berbeda-beda.

Sehingga hal-hal tersebut dapat mendorong pertumbuhan perusahaan secara signifikan.

Memasuki kuartal IV-2022, Counterpoint memprediksi kemajuan dalam pemulihan ekonomi makro, yang dapat menggerakkan pasar smartphone.

Senior Analyst Counterpoint, Febriman Abdillah mengatakan bahwa kemungkinan besar ada permintaan tinggi untuk ponsel kelas menengah ke bawah di akhir tahun nanti.

"Kami melihat bakal ada peningkatan spesifikasi untuk (ponsel) model-model baru. Hal ini dapat memicu permintaan melalui upgrade, ditambah lagi ada kemungkinan permintaan yang terpendam di kuartal IV," kata Abdllah.

Tantangan bagi vendor ponsel adalah bagaimana menarik konsumen secara efektif. Konsumen akan memiliki banyak pilihan merek dan model ponsel cerdas dan akan lebih sadar akan fitur apa yang mereka butuhkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com