Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel Misterius Xiaomi Muncul di TKDN Indonesia, Redmi 11A?

Kompas.com - 15/11/2022, 10:44 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Xiaomi tampaknya tengah bersiap meluncurkan smartphone seri Redmi terbarunya di Indonesia.

Hal ini mencuat setelah ada sebuah ponsel misterius Xiaomi yang baru-baru ini lolos uji sertifikasi di Indonesia dan sudah tercantum di laman Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Dalam laman itu, disebutkan bahwa sebuah perangkat baru PT Xiaomi Technology Indonesia dengan nomor model "REDMI 22120RN86G" sudah lolos uji sertifikasi TKDN pada 10 November 2022 kemarin dengan nilai TKDN 38,20 persen.

Berdasarkan informasi yang beredar, nomor model ini merupakan nomor model untuk perangkat yang bernama Redmi 11A, suksesor dari Redmi 10A yang diluncurkan di Tanah Air sekitar Mei lalu.

Ponsel Xiaomi dengan nomor model serupa 22120RN86G, yaitu 22120RN86C dan 22120RN86I juga kabarnya sudah mencuat di database IMEI dan laman sertifikasi asal China TENAA (khusus 22120RN86C).

Ponsel misterius Xiaomi di laman TKDN yang diduga sebagai Redmi 11A.TKDN Kemenperin Ponsel misterius Xiaomi di laman TKDN yang diduga sebagai Redmi 11A.
Konon, huruf "C" di akhir nomor model mengindikasikan bahwa model tersebut khusus pasar China, sedangkan huruf "I" untuk pasar India dan huruf "G" di atas untuk pasar global termasuk Indonesia.

Meski nomor modelnya berbeda, perangkat yang mendukung konektivitas 4G tersebut diklaim bakal tetap bernama Redmi 11A dan memiliki desain yang serupa dengan pendahulunya.

Bisa dibilang demikian karena apabila mengacu pada gambar yang menyeruak di laman TENAA di bawah ini, Redmi 11A dibekali dengan dua buah kamera belakang yang ditemani dengan LED flash dan sensor pemindai sidik jari dalam satu modul persegi.

Bocoran desain Redmi 11A dari situs sertifikasi China TENAA.GSMArena Bocoran desain Redmi 11A dari situs sertifikasi China TENAA.

Desain ini mirip dengan Redmi 10A dan Redmi 10C yang sudah dipasarkan di sejumlah pasar global. Kedua ponsel tersebut memiliki modul kamera belakang yang bentuknya sama dengan bocoran gambar Redmi 11A dari TENAA di atas.

Baca juga: Tanda-tanda Redmi Note 12 Segera Masuk Indonesia

Bocoran spesifikasi Redmi 11A

Terlepas dari desain, laman TENAA juga mengumbar spesifikasi inti dari ponsel terbaru Redmi itu.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSMArena, Selasa (15/11/2022), Redmi 11A bakal memiliki dimensi 168,76 x 76,41 x 8,7 mm dan mengusung layar berukuran 6,7 inci dengan resolusi HD Plus.

Ponsel yang kabarnya memiliki bobot 192 gram ini juga disebut bakal ditenagai dengan prosesor (CPU) delapan inti (octa-core) berkecepatan 2,0 GHz.

Komponen CPU itu konon bakal dipadukan dengan empat opsi RAM, yaitu 2 GB, 4 GB, 6 GB, dan 8 GB, serta empat opsi media penyimpanan (storage) 32 GB, 64 GB, 128 GB, hingga 256 GB.

Fitur pendukung lainnya mencakup kamera utama dengan resolusi 50 MP dan kamera selfie dengan resolusi 5 MP, serta baterai berkapasitas jumbo 5.000 mAh.

Belum bisa dipastikan apakah perangkat yang tercantum di laman TKDN di atas, begitu juga bocoran spesifikasi yang sudah diumbar TENAA tadi, ditujukan untuk Redmi 11A atau justru perangkat dengan nama lain.

Sebab, Xiaomi Indonesia hingga saat ini belum mengumbar informasi apapun terkait perangkat Redmi terbaru di Tanah Air. Kita nantikan saja.

Baca juga: Tabel Spesifikasi dan Harga Xiaomi Redmi A1 di Indonesia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com