Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Detik-detik Mobil Tesla Hilang Kendali, 2 Orang Tewas

Kompas.com - Diperbarui 16/11/2022, 07:43 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Daily Mail

KOMPAS.com - Platform media sosial asal China, Weibo dihebohkan dengan sejumlah rekaman video kamera CCTV yang menampilkan mobil Tesla yang tiba-tiba melaju kencang tak terkendali, dan menabrak kendaraan lain di depannya.

Dalam beberapa video singkat yang ditampilkan, terlihat bahwa sebuah mobil Tesla Model Y berwarna putih yang hendak parkir, tiba-tiba melaju sangat kencang hingga 198 km/jam, dan tampak tak terkendali.

Akibatnya, pengemudi mobil tersebut terlihat berusaha menghindari obyek-obyek yang ada di depannya. Namun, laju mobil yang terlalu cepat tampaknya tak bisa mencegah kecelakaan terjadi.

Baca juga: Beli Twitter, Elon Musk Jual Saham Tesla Rp 61 Triliun

Akibatnya, peristiwa tersebut memakan korban lima orang, di mana dua orang tewas dan tiga lainnya luka-luka. Kecelakaan ini terjadi pada Sabtu (5/11/2022) di sebuah jalan raya di kota Chaozhou, Guangdong, China.

Diduga masalah rem

Apabila melihat beberapa video rekaman yang viral di internet tadi, kecelakaan ini juga menghancurkan sejumlah kendaraan dan bangunan-bangunan yang ada di sepanjang jalan raya tersebut.

Belum diketahui pasti apa penyebab mobil Tesla ini tiba-tiba melaju dengan sangat cepat. Sebab, pihak kepolisian setempat belum merilis informasi terkait laporan kecelakaan tersebut.

Dugaan awal, hal ini dipicu oleh sistem di mobil Tesla, terutama rem, yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Baca juga: Tesla Disebut Teken Kontrak untuk Beli Nikel Indonesia, Nilainya Rp 74 Triliun

Hal ini kabarnya telah dikonfirmasi oleh pengemudi Tesla Model Y tadi. Pria 55 tahun itu mengaku bahwa ia mengalami kendala dengan sistem rem Tesla Model Y, ketika hendak parkir di depan toko miliknya.

Ilustrasi mobil Tesla Model Y yang disebut malfungsi dan tiba-tiba melaju kencang di China.Weibo Ilustrasi mobil Tesla Model Y yang disebut malfungsi dan tiba-tiba melaju kencang di China.

Tanggapan Tesla

Terkait insiden yang menewaskan dua orang ini, Tesla mengatakan bahwa mereka tengah menginvestigasi kecelakaan yang melibatkan mobil bikinannya itu.

Perusahaan rintisan Elon Musk itu juga mengonfirmasi bahwa kecelakaan tersebut tidak disebabkan oleh rem, lantaran mereka mendeteksi bahwa fungsi ini tidak diinjak sama sekali oleh sang pengemudi.

Namun, mereka tetap menunggu penelusuran dan hasil investigasi pasti dari pihak kepolisian, dan mengatakan bahwa mereka akan bekerja sama dengan para aparat untuk menguak penyebab kecelakaan ini.

"Polisi dan pihak terkait kini tengah melakukan investigasi terkait kejadian ini, dan kami secara aktif akan membantu mereka untuk mencari tahu penyebab utamanya," ujar Tesla, dikutip KompasTekno dari DailyMail.co.uk, Selasa (15/11/2022).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Daily Mail


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com