Kompas.com - 15/11/2022, 14:15 WIB

KOMPAS.com - Belajar.id merupakan platform yang dibuat sejak 2020 untuk memudahkan pendidik (guru) dan peserta didik (siswa) dalam mengakses layanan pembelajaran secara online dari rumah.

Belajar.id dapat digunakan pada berbagai satuan pendidikan, mulai dari PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, dan Kesetaraan. Layanan pembelajaran yang bisa diakses di Belajar.id meliputi Aplikasi Merdeka Mengajar, Kelas Daring, Presentasi Daring, dan lainnya.

Baca juga: Mengenal Belajar.id Kemendikbud, Platform Pembelajaran untuk PAUD hingga SMA

Untuk mengakses layanan tersebut, baik pendidik maupun peserta didik, wajib memiliki akun Belajar.id terlebih dahulu. Akun Belajar.id sendiri terdiri dari username dan password. Kedua komponen tersebut wajib dijaga oleh pendidik dan peserta didik, terutama password.

Bila sampai lupa susunan password akun maka pendidik atau peserta didik tak bakal bisa login dan mengakses layanan Belajar.id. Alhasil, lupa password akun Belajar.id mungkin bakal merepotkan pendidik atau peserta didik.

Kendati bakal merepotkan, bukan berarti masalah lupa password akun Belajar.id tidak ada solusinya. Seandainya terjadi lupa password akun Belajar.id, peserta didik atau pendidik masih bisa melakukan pergantian atau reset.

Lantas, bagaimana cara reset password akun Belajar.id bila lupa? Secara umum, terdapat dua cara reset password akun Belajar.id, yakni secara mandiri dan melalui admin. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah cara reset password akun Belajar.id.

2 cara reset password akun Belajar.id

1. Reset password akun Belajar.id secara mandiri

  • Buka website ini https://belajar.id.
  • Kemudian klik tombol ‘Reset Password’.
  • Masukkan data yang dibutuhkan terdiri dari username akun Belajar.id dan tanggal lahir, lalu klik tombol “Cari Akun belajar.id”. Selanjutnya, bakal tertera data nomor handphone dan alamat e-mail yang terhubung dengan Data Pokok Pendidikan (Dapodik).
  • Kemudian, pilih metode untuk mengirimkan tautan permohonan reset password, bisa melalui nomor handphone atau alamat e-mail yang tertera tadi.
  • Bila memilih metode pengiriman via nomor handphone maka bakal memperoleh SMS berisi kode OTP. Masukkan kode OTP tersebut di kolom yang tersedia pada website “belajar.id”.
  • Bila memilih metode pengiriman via alamat e-mail maka bakal memperoleh pesan berisi tautan permohonan reset password akun Belajar.id. Klik tautan tersebut untuk memverifikasi permohonan.
  • Setelah permohonan terverifikasi, silakan untuk buat password baru di website “belajar.id”. Terakhir, klik opsi “Ganti Password” dan bakal muncul “Password berhasil diganti”.

Apabila pendidik atau peserta didik kesulitan untuk reset password akun Belajar.id secara mandiri maka bisa menghubungi Kepala Satuan Pendidikan (Kepala Sekolah) dan Operator Satuan Pendidikan (Operator Sekolah) selaku admin.

Dikutip dari laman resmi pusatinformasi.belajar.id, Admin dapat melakukan perubahan data akun Belajar.id, termasuk password, milik pendidik atau peserta didik, dengan cara sebagai berikut.

2. Reset password akun Belajar.id melalui admin

  • Buka halaman admin Belajar.id melalui website ini https://admin.google.com/. Selanjutnya, silakan login menggunakan akun admin Belajar.id.
  • Setelah berhasil masuk, silakan klik opsi “user” atau “pengguna”.
  • Kemudian, pilih akun user (peserta didik atau pendidik) yang hendak diganti kata sandinya, lalu klik opsi “reset password”.
  • Masukan password baru di kolom yang tersedia. Centang kotak di bawah password baru agar Peserta Didik dan Pendidik dapat memasukkan password yang baru. Setelah itu, klik
  • “Reset”.
  • Setelah password berhasil diganti, admin dapat memberikannya ke peserta didik atau pendidik.

Baca juga: Cara Daftar, Aktivasi, dan Masuk Akun Pembelajaran Belajar.id

Cukup mudah bukan untuk reset password akun Belajar.id? Demikianlah penjelasan seputar cara reset password akun Belajar.id dengan mudah, baik secara pribadi maupun melalui bantuan admin, semoga bermanfaaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.