Kompas.com - 15/11/2022, 15:15 WIB

KOMPAS.com - Bahasa gaul di Twitter tak terhitung lagi jumlahnya. Adapun salah satu bahasa gaul di Twitter yang cukup sering digunakan oleh pengguna adalah kata “STSBKK”. Sebagian dari Anda mungkin juga sempat melihat kata tersebut muncul di linimasa Twitter.

Baca juga: Arti Kata “Fear Mongering” yang Sering Dipakai di Twitter Belakangan

Kata STSBKK biasa digunakan dalam konteks untuk menanggapi kejadian yang dianggap tidak normal, tidak wajar, aneh, atau di luar perkiraan. Salah satu contoh penggunaan kata STSBKK bisa dilihat lewat twit dari akun dengan handle @chellyjubille.

Akun tersebut menggunakan kata STSBKK untuk menanggapi tangkapan layar sebuah obrolan yang tampak menurutnya di luar perkiraan atau tidak wajar.

Sama halnya @chellyjubille, akun dengan handle @cloudie_renj juga menggunakan kata STSBKK sebagai tanggapan atas kejadian yang tidak normal, sebagaimana tertera pada cuplikan twit di bawah ini.

Selain dua contoh di atas, masih bisa dijumpai banyak lagi kebiasaan penggunaan kata STBSKK untuk mengomentari hal yang tidak wajar. Lantas, sebenarnya apa yang dimaksud dengan STSBKK? Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan arti STSBKK di bawah ini.

Baca juga: Arti Kata “Pick Me Girl” yang Ramai Dipakai di Medsos Belakangan

Arti STSBKK yang sering dipakai di Twitter

Kata STSBKK pada dasarnya bukan bahasa formal lantaran tidak terkodifikasi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Oleh karena itu, arti STSBKK semestinya tak bisa dilihat melalui KBBI.

Kendati tak tersedia di KBBI, namun untuk mencari arti STSBKK sejatinya bisa dibilang cukup mudah. Beberapa pengguna di Twitter, cukup banyak yang membagikan arti dari salah satu kata dalam bahasa gaul tersebut.

Berdasarkan pantauan KompasTekno di linimasa Twitter, kata STSBKK bukanlah kata tunggal, melainkan akronim (singkata) dari beberapa kata. Adapun arti STSBKK adalah “Sudah Tidak Sanggup Berkata-kata”.

Dari beberapa kebiasaan pengguna di Twitter, diketahui bahwa kata STSBKK tidak hanya digunakan secara langsung dalam sebuah kalimat, melainkan tercantum juga lewat meme. Contohnya, seperti yang diunggah oleh akun dengan handle @shintujin.

Dengan memiliki arti sebagai singkatan dari “Sudah Tidak Sanggup Berkata-kata”, wajar bila pengguna kerap memakai kata STSBKK dengan konteks untuk menanggapi sebuah hal atau kejadian yang dinilai tidak normal hingga tak bisa berkata-kata.

Baca juga: Arti Kata “Who’s ur 911” yang Sering Dipakai di Twitter

Demikianlah penjelasan lengkap seputar arti STSBKK sebagai salah satu bahasa gaul yang sering digunakan di Twitter, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.