Kompas.com - 16/11/2022, 08:46 WIB

KOMPAS.com - Emoji kini menjadi bagian yang tak bisa dipisahkan saat berkirim pesan. Sebab, emoji dapat mempertegas ekspresi pengirim, yang tidak bisa dilihat dalam teks.

Tahun ini, warganet telah memilih satu emoji yang dianggap paling merepresentasikan tahun 2022. Emoji yang "2022 banget" tersebut adalah emoji "wajah meleleh" alias melting face.

Emoji tersebut dipilih melalui jajak pendapat di akun Twitter @EmojiAwards pada Juli lalu, dalam rangka merayakan Hari Emoji Sedunia.

Akun @EmojiAwards ini dikelola oleh Emojipedia, situs yang referensi emoji paling populer yang mendokumentasikan arti dan penggunaan umum karakter emoji dalam Standar Unicode.

Tahun ini, emoji wajah meleleh dinominasikan bersama dengan 14 emoji lain, seperti emoji wajah badut, emoji tepok jidat, bagan dengan tren menurun sebagai emoji yang paling mewakili 2022.

Baca juga: Arti Emoji Dua Tangan Terbuka, Angkat tangan, Tangan Terima kasih, dan Jari Telunjuk

Akun @EmojiAwards kemudian membuat battle antara 15 emoji tersebut dengan sebuah bagan layaknya pertandingan olahraga. Tiap emoji diadu. Penentuan pemenang dilakukan dengan jajak pendapat di akun Twitter @EmojiAwards sepanjang bulan Juli.

Di partai final, emoji wajah meleleh (melting face) bertemu dengan emoji wajah menahan air mata (face holding back tears). Dari hasil voting 1.029 warganet, emoji wajah meleleh menang dengan total suara 54,9 persen. Sementara emoji wajah menahan air mata mendapatkan total suara 45,1 persen.

Dengan begitu, emoji wajah meleleh (melting face) dinobatkan sebagai emoji yang paling mewakili tahun 2022.

Apa arti emoji wajah meleleh?

Emoji wajah meleleh memiliki nama melting face. Emoji ini diwakilkan dengan gambar wajah tersenyum berwarna kuning di mana bagian mata dan mulut yang meleleh.

Menurut situs Emojipedia, emoji wajah meleleh dapat digunakan untuk mengekspresikan situasi panas yang ekstrem secara harfiah. Emoji ini juga bisa digunakan untuk menggambarkan tentang rasa malu dan ketakukan/malapetaka yang perlahan-lahan yang akan datang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber Emojipedia


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.