Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wajah Meleleh Terpilih Jadi Emoji yang "2022 Banget"

Kompas.com - 16/11/2022, 08:46 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber Emojipedia

KOMPAS.com - Emoji kini menjadi bagian yang tak bisa dipisahkan saat berkirim pesan. Sebab, emoji dapat mempertegas ekspresi pengirim, yang tidak bisa dilihat dalam teks.

Tahun ini, warganet telah memilih satu emoji yang dianggap paling merepresentasikan tahun 2022. Emoji yang "2022 banget" tersebut adalah emoji "wajah meleleh" alias melting face.

Emoji tersebut dipilih melalui jajak pendapat di akun Twitter @EmojiAwards pada Juli lalu, dalam rangka merayakan Hari Emoji Sedunia.

Akun @EmojiAwards ini dikelola oleh Emojipedia, situs yang referensi emoji paling populer yang mendokumentasikan arti dan penggunaan umum karakter emoji dalam Standar Unicode.

Tahun ini, emoji wajah meleleh dinominasikan bersama dengan 14 emoji lain, seperti emoji wajah badut, emoji tepok jidat, bagan dengan tren menurun sebagai emoji yang paling mewakili 2022.

Baca juga: Arti Emoji Dua Tangan Terbuka, Angkat tangan, Tangan Terima kasih, dan Jari Telunjuk

Akun @EmojiAwards kemudian membuat battle antara 15 emoji tersebut dengan sebuah bagan layaknya pertandingan olahraga. Tiap emoji diadu. Penentuan pemenang dilakukan dengan jajak pendapat di akun Twitter @EmojiAwards sepanjang bulan Juli.

Di partai final, emoji wajah meleleh (melting face) bertemu dengan emoji wajah menahan air mata (face holding back tears). Dari hasil voting 1.029 warganet, emoji wajah meleleh menang dengan total suara 54,9 persen. Sementara emoji wajah menahan air mata mendapatkan total suara 45,1 persen.

Dengan begitu, emoji wajah meleleh (melting face) dinobatkan sebagai emoji yang paling mewakili tahun 2022.

Apa arti emoji wajah meleleh?

Emoji wajah meleleh memiliki nama melting face. Emoji ini diwakilkan dengan gambar wajah tersenyum berwarna kuning di mana bagian mata dan mulut yang meleleh.

Menurut situs Emojipedia, emoji wajah meleleh dapat digunakan untuk mengekspresikan situasi panas yang ekstrem secara harfiah. Emoji ini juga bisa digunakan untuk menggambarkan tentang rasa malu dan ketakukan/malapetaka yang perlahan-lahan yang akan datang.

Di media sosial, emoji melting face banyak digunakan oleh warganet dengan disandingkan dengan istilah "meleyot", "mleyot", "mlyt".

Mleyot atau yang dalam KBBI terdaftar sebagai meleyot diartikan sebagai tidak lurus. Meleyot juga berarti bengkok karena lemas atau lunak.

Merujuk pada artinya, anak muda masa kini menggunakan kata mleyot ini sebagai bentuk rasa kagum pada seseorang, khususnya orang disukai termasuk idol K-pop.

Istilah mleyot dengan emoji wajah meleleh dapat diartikan bahwa warganet merasa sangat menyukai seseorang hingga membuatnya tak mampu berkata-kata.

Baca juga: 10 Emoji yang Banyak Disalahartikan, Simak Makna Sebenarnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Emojipedia
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com