BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Oppo

Intip 5 Tips Berikut agar Hidup Lebih Sehat dan Seimbang bersama Oppo Band 2

Kompas.com - 16/11/2022, 09:56 WIB

KOMPAS.com – Setiap orang mendambakan memiliki tubuh sehat. Sayangnya, aktivitas yang padat kerap menjadi tantangan bagi seseorang untuk menerapkan gaya hidup sehat. Alhasil, olahraga dan makan teratur malah terabaikan.

Padahal, sesibuk apa pun aktivitas seseorang, gaya hidup sehat harus diterapkan. Sebab, hal ini akan memengaruhi kondisi badan.

Perlu diketahui, gaya hidup sehat merupakan upaya seseorang menerapkan kebiasaan baik agar tubuh tetap prima. Gaya hidup sehat juga berkaitan dengan upaya menghindari kebiasaan buruk yang berisiko mengganggu kesehatan.

Guna mendukung upaya baik tersebut, perusahaan teknologi terdepan di industri, Oppo, menghadirkan perangkat berteknologi andal, yakni smartwatch Oppo Band 2.

Oppo Band 2 dilengkapi sejumlah fitur yang dapat membantu penggunanya menerapkan gaya hidup sehat.

Ingin memulai hidup sehat dengan dukungan Oppo Band 2? Yuk ikuti lima tips berikut dan rasakan sendiri manfaatnya.

1. Aktif bergerak

Aktif bergerak merupakan hal penting yang perlu dilakukan setiap orang sebagai salah satu cara untuk menjaga kesehatan. Bila diabaikan, hal ini dapat menimbulkan risiko gangguan kesehatan, seperti diabetes, jantung, stroke, dan kanker.

Sayangnya, tak sedikit orang masih enggan melakukan aktivitas fisik. Kasus malas bergerak ini disebut gaya hidup sedentari atau sedentary lifestyle.

Salah satu penyebabnya adalah aktivitas pekerjaan yang memaksa seseorang duduk dalam jangka waktu lama di depan komputer. Selain itu, kesadaran yang rendah untuk melakukan aktivitas fisik juga menjadi penyebab seseorang larut dalam gaya hidup sedentari. Oleh karena itu, mulailah disiplin melakukan aktivitas fisik.

Agar tidak abai, kamu bisa menggunakan smartwatch Oppo Band 2. Pasalnya, Oppo Band 2 memiliki fitur reminder yang dapat mengingatkanmu untuk bergerak sejenak di sela-sela aktivitas padat.

Saat gelang pintar tersebut digunakan, kamu akan mendapat notifikasi bila terdeteksi tidak melakukan pergerakan dalam jangka waktu tertentu. Dengan begitu, kamu dipacu untuk meluangkan waktu sejenak melakukan aktivitas fisik sederhana agar tubuh rileks dan tetap sehat.

2. Konsumsi makanan sehat

Gaya hidup sehat juga dapat diwujudkan dengan mengonsumsi makanan bernutrisi dengan gizi seimbang.

Penerapan pola makan sehat juga dapat membantu seseorang melindungi diri dari risiko gangguan kesehatan.

Untuk menerapkan pola makan sehat, kamu perlu tahu komposisi gizi seimbang dalam satu porsi, yakni 45 persen karbohidrat, 30 persen protein, dan 35 persen lemak baik.

Selain itu, hindari makanan olahan dan beralih pada makanan utuh, seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, daging tanpa lemak, susu rendah lemak, dan pasta gandum. Konsumsi pula sayuran hijau kaya serat dan air agar perut kenyang lebih lama.

3. Cukup minum air putih

Selain mengonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang, pastikan tubuh tetap terhidrasi. Pasalnya, saat tubuh kekurangan asupan air atau dehidrasi, sejumlah fungsi tubuh akan menurun.

Di sisi lain, kelebihan cairan juga membuat fungsi tubuh tidak bekerja optimal. Oleh karena itu, asupan air harian harus benar-benar cukup. Perlu diketahui, kecukupan cairan pada tubuh tiap orang berbeda-beda tergantung pada kepadatan aktivitas, usia, dan berat badan.

Kurang cairan dalam tubuh dapat menimbulkan sejumlah masalah, seperti sakit kepala dan penurunan konsentrasi yang dapat mengganggu aktivitas harian.

Agar kecukupan air tetap terpenuhi, Oppo Band 2 memiliki fitur untuk mengingatkan pengguna dalam mengonsumsi asupan air harian sedikitnya 2 liter atau delapan gelas per hari.

Gelang pintar tersebut juga dapat digunakan untuk membuat target konsumsi air harian sehingga pengguna dapat memastikan tubuhnya tetap terhidrasi.

Pemantauan tingkat stres dapat dilakukan menggunakan Oppo Band 2. Dengan fitur monitor stres, gelang pintar tersebut dapat memudahkan kamu untuk melacak tingkat stres. Bila tingkat stres terpantau tinggi, kamu akan mendapat peringatan.Dok. Oppo Indonesia Pemantauan tingkat stres dapat dilakukan menggunakan Oppo Band 2. Dengan fitur monitor stres, gelang pintar tersebut dapat memudahkan kamu untuk melacak tingkat stres. Bila tingkat stres terpantau tinggi, kamu akan mendapat peringatan.

4. Pantau tingkat stres

Stres merupakan perasaan kewalahan atau ketidakmampuan individu mengatasi tekanan mental atau emosional. Oleh karena itu, tingkat stres perlu dipantau agar tidak menimbulkan dampak serius di kemudian hari.

Adapun stres yang berkepanjangan dapat menyebabkan kelelahan kronis dan gangguan tidur. Jika tak ditangani secara tepat, hal ini dapat menurunkan tingkat energi seseorang.

Pemantauan tingkat stres dapat dilakukan menggunakan Oppo Band 2. Dengan fitur monitor stres, gelang pintar tersebut dapat memudahkan kamu untuk melacak tingkat stres. Bila tingkat stres terpantau tinggi, kamu akan mendapat peringatan.

Kamu juga akan dipandu untuk meredakan stres dengan melakukan sejumlah langkah sederhana, misalnya melakukan pernapasan pendek.

5. Upayakan tidur berkualitas

Tidur nyenyak dan berkualitas penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Pasalnya, tidur berkualitas dapat mengembalikan kesehatan dan kebugaran tubuh setelah seharian beraktivitas.

Sebaliknya, kualitas tidur buruk berisiko menimbulkan gangguan kesehatan, seperti depresi, diabetes, jantung, dan juga memicu jerawat.

Diberitakan Kompas.com, Sabtu (2/3/2022), Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat (AS) merilis informasi bahwa kebutuhan waktu tidur orang dewasa usia 19-64 tahun adalah 7-9 jam.

Selain kuantitas atau durasi tidur, kualitasnya pun perlu diperhatikan. Kualitas tidur dapat juga dicek melalui Oppo Band 2.

Oppo Band 2 dibekali layar AMOLED dengan bentang 1,57 inci. Adapun layar ini sedikit lebih kecil jika dibandingkan Oppo Watch Free dengan diagonal 1,64 inci, tetapi lebih besar ketimbang Oppo Band yang berukuran 1,1 inci.Dok. Oppo Indonesia Oppo Band 2 dibekali layar AMOLED dengan bentang 1,57 inci. Adapun layar ini sedikit lebih kecil jika dibandingkan Oppo Watch Free dengan diagonal 1,64 inci, tetapi lebih besar ketimbang Oppo Band yang berukuran 1,1 inci.

Gelang pintar itu punya fitur pemantauan kualitas tidur yang memuat informasi lengkap, mulai dari skor tidur, rincian tahapan tidur, pernapasan, hingga informasi tambahan untuk membantu meningkatkan kualitas tidur.

Untuk diketahui, gelang pintar Oppo Band 2 diluncurkan bersamaan dengan smartphone Oppo A77s.

Oppo Band 2 dibekali layar AMOLED dengan bentang 1,57 inci. Adapun layar ini sedikit lebih kecil jika dibandingkan Oppo Watch Free dengan diagonal 1,64 inci, tetapi lebih besar ketimbang Oppo Band yang berukuran 1,1 inci.

Resolusi layarnya mencapai 156 x 402 piksel dengan kerapatan piksel 302 PPI dan tingkat kecerahan maksimal 500 nits.

Perangkat tersebut juga dibekali fitur AI Outfit Watch Face 2.0. Hal yang menarik dari teknologi ini adalah perangkat dapat mengubah tampilan layar sesuai dengan warna baju yang dipakai pengguna.

Dari segi desain, Oppo Band 2 dirancang minimalis dengan bodi cukup mungil dan ringan. Gelang pintar ini memiliki dimensi 45,3 x 29.1 x 10,6 milimeter (mm) dengan bobot 33 gram (tanpa tali strap 20 gram).

Untuk menunjang gaya hidup sehat, Oppo Band 2 dibekali sensor pendeteksi detak jantung (heart rate sensor) yang dapat mengukur detak jantung saat tubuh istirahat ataupun berolahraga.

Public Relation (PR) Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto A mengatakan, Oppo Band 2 telah dibekali fitur untuk mendukung 100 macam olahraga, mengukur tingkat stres, kualitas tidur, memantau aktivitas sehari-hari, pemantau oksigen dalam darah, pengingat minum, serta pengingat untuk bangun dan bergerak.

“Fitur pengingat minum memiliki target berapa asupan air harian dengan waktu yang sudah ditetapkan. Sementara, (fitur) pengingat bergerak akan mengingatkan kita untuk bergerak atau segera bangun ketika pengguna duduk terlalu lama,” kata Aryo dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (15/11/2022).

Aryo menambahkan, Oppo Band 2 dibuat berdasarkan masukan dari pengguna yang menginginkan kehadiran smartband dengan layar jauh lebih besar dan kaya fitur, memiliki daya tahan baterai lebih lama, serta harga terjangkau.

Oppo Band 2 juga dinilai sebagai perangkat yang dapat mengisi celah antara Oppo Band dan Oppo Watch Free.

Oppo Band 2 memiliki baterai berkapasitas 200 miliampere per hour (mAh) dan dapat bertahan selama 14 hari, sama seperti Oppo Watch Free. Gelang pintar ini juga dapat bertahan selama 24 jam, meski hanya melakukan pengisian daya selama 5 menit.Dok. Oppo Indonesia Oppo Band 2 memiliki baterai berkapasitas 200 miliampere per hour (mAh) dan dapat bertahan selama 14 hari, sama seperti Oppo Watch Free. Gelang pintar ini juga dapat bertahan selama 24 jam, meski hanya melakukan pengisian daya selama 5 menit.

Sama seperti pendahulunya, lanjut Aryo, Oppo Band 2 juga dilengkapi dengan pengisian cepat magnetik dengan ketahanan baterai yang lebih lama. Pengisian daya dari 0-100 persen diklaim memakan waktu kurang lebih 60 menit.

“Oppo Band 2 memiliki baterai berkapasitas 200 miliampere per hour (mAh) dan dapat bertahan selama 14 hari, sama seperti Oppo Watch Free. Gelang pintar ini juga dapat bertahan selama 24 jam, meski hanya melakukan pengisian daya selama 5 menit,” terang Aryo.

Untuk menunjang gaya hidup sehat, kamu bisa membeli Oppo Band 2 secara daring melalui berbagai e-commerce terkemuka di Tanah Air, Oppo Gallery, Oppo Store, dan partner retail resmi Oppo di seluruh Indonesia.

Informasi lebih lanjut mengenai Oppo Band 2, silakan klik tautan berikut.

 

Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.