Kompas.com - 16/11/2022, 10:15 WIB

KOMPAS.com - Apple menjual iPhone tanpa charger di dalam kemasan telah berlangsung sekitar dua tahun terakhir. Seri iPhone terbaru, iPhone 14 series, pun demikian. Boks iPhone 14 series hanya berisi unit iPhone, buku panduan, stiker apple, dan kabel USB-C to Lightning.

iPhone 14 series tidak dijual dengan adaptor atau kepala charger untuk mengisi daya. Isi kemasan iPhone 14 series bisa dibilang sama persis dengan dua pendahulunya, yakni iPhone 12 series keluaran 2020 dan iPhone 13 series keluaran 2021.

Baca juga: Ramai iPhone Dijual dengan Kondisi “IMEI Kemenperin” dan “Smartfren Only”, Apa Maksudnya?

Dengan kemunculan iPhone 14 series pada September 2022, artinya Apple konsisten selama dua tahun terakhir menjual iPhone tanpa charger. Lantas, sebenarnya mengapa iPhone tidak ada charger yang langsung disertakan dalam kemasan atau boks?

Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan mengenai alasan Apple menjual iPhone tanpa charger yang tertera di bawah ini.

Alasan Apple menjual iPhone tanpa charger

iPhone dijual tanpa charger sebetulnya tidak dilakukan oleh Apple dari lama. Sebelum iPhone 12 series dirilis pada Oktober 2020, jajaran iPhone lainnya masih dijual dengan disertakan kepala charger di dalam kemasan.

Adapun seri iPhone terakhir yang dijual dengan charger di dalam kemasan adalah iPhone 11 series keluaran September 2019 dan iPhone SE 2 keluaran April 2020. iPhone 12 series menjadi iPhone pertama yang dijual tanpa charger dan berlanjut hingga kini.

Saat perilisan iPhone 12 series, Apple mengungkapkan alasan mengapa iPhone tidak ada charger dalam kemasan. Dikutip dari laman resmi kanal berita Apple, salah satu alasan iPhone dijual tanpa charger adalah untuk mengurangi emisi karbon.

“Apple juga tidak menyertakan (menanggalkan) adaptor daya (charger) dan EarPods dari kemasan iPhone, untuk mengurangi emisi karbon serta menghindari penambangan dan penggunaan material berharga,” kata Apple dalam keterangan tertulis.

Untuk diketahui, di samping tak ada charger dalam kemasan, iPhone juga tidak dibekali lagi EarPods sejak iPhone 12 series dirilis. Absennya dua aksesoris tersebut, disebut Apple dapat mengurangi aktivitas penambangan material untuk bahan membuat produk.

Ketiadaan charger dalam kemasan iPhone, dikatakan Apple akan mengurangi ukuran boks menjadi lebih ramping dan ringan. Sejak iPhone 12 series dirilis, ukuran boks iPhone terlihat lebih ramping dari seri-seri lama, lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

Ilustrasi ukuran boks jajaran iPhone terbaru yang lebih ramping karena tidak terdapat charger dan EarPods di dalamnya.youtube/Marques Brownlee Ilustrasi ukuran boks jajaran iPhone terbaru yang lebih ramping karena tidak terdapat charger dan EarPods di dalamnya.

Baca juga: iPhone 14 Series Belum Juga Pakai Port USB-C, Masih Andalkan Lightning

Halaman:
Sumber apple.com


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.