Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Chat WhatsApp ke Nomor Sendiri Sudah Bisa Dicoba di Indonesia

Kompas.com - Diperbarui 17/11/2022, 07:24 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - WhatsApp (WA) dilaporkan mengembangkan fitur kirim chat ke nomor sendiri pada September lalu. Saat itu, fitur ini hanya tersedia untuk WhatsApp desktop versi beta.

Sejak akhir Oktober, fitur chat WhatsApp ke nomor sendiri sudah tersedia untuk sejumlah pengguna WhatsApp beta di iOS maupun Android. Nah, sekarang fitur ini juga sudah bisa dicoba oleh pengguna WhatsApp beta di Indonesia.

Seperti namanya, fitur chat ke nomor sendiri di WhatsApp memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan dari dan ke nomor yang sama di WhatsApp. Praktik ini sama seperti ketika pengguna mengirim pesan ke pengguna lain, hanya saja tujuannya adalah nomor Anda sendiri.

Jadi, ketika pengguna membuka obrolan baru dengan menekan ikon pesan WhatsApp, akan tersedia beragam opsi mulai dari Grup baru, Kontak baru, hingga daftar kontak yang terdaftar di WhatsApp.

Baca juga: Fitur Baru WhatsApp Bisa Bisukan Grup Besar secara Otomatis

Pada daftar kontak, akan muncul nomor Anda sendiri disertai keterangan "Kirim pesan ke diri sendiri", seperti gambar di bawah ini. Untuk mengirim pesan ke nomor sendiri, pengguna bisa memilih opsi tersebut.

Tangkapan layar fitur chat WhatsApp ke nomor sendiri. Kontak sendiri akan ditandai dengan keterangan (Anda).Kompas.com/Wahyunanda Kusuma Tangkapan layar fitur chat WhatsApp ke nomor sendiri. Kontak sendiri akan ditandai dengan keterangan (Anda).

Selain mengirim pesan baru, pengguna juga bisa meneruskan (forward) pesan dari pengguna lain ke nomor Anda sendiri. Caranya pun sama seperti ketika meneruskan pesan ke kontak lain.

Pantauan KompasTekno, fitur chat ke nomor sendiri tersedia pada aplikasi WhatsApp Android versi beta 2.22.24.9. Fitur ini juga tersedia untuk pengguna WhatsApp Android versi beta 2.22.24.11 dan 22.23.74 untuk pengguna iOS, dihimpun dari WABetaInfo.

Chat WhatsApp yang dikirim ke nomor sendiri juga akan muncul pada perangkat lain yang terhubung di WhatsApp dengan nomor yang sama. Jadi, jika Anda memasang WhatsApp desktop atau web di komputer dan Anda chat ke kontak sendiri, chat yang sama akan muncul di smartphone serta komputer.

Selain itu, meskipun pengguna berkirim pesan ke nomor sendiri, pesannya akan tetap dilindungi oleh enkripsi end-to-end.

Baca juga: Cara Menyembunyikan Status Online di WhatsApp agar Tidak Diganggu

Sebelumnya fitur ini tidak mendukukung konsep WhatsApp multi-device (lebih dari satu perangkat). Dalam skenario ini, chat WhatsApp ke nomor sendiri hanya bisa dikirimkan ke perangkat utama atau ponsel. Jadi, pesan yang sama tidak akan muncul di perangkat lain yang terhubung seperti komputer atau laptop.

Namun, kemudian WhatsApp memperbaikinya dan memungkinkan pesan yang dikirim ke nomor sendiri bisa muncul di semua perangkat yang terhubung.

Perlu dicatat bahwa fitur ini baru tersedia untuk pengguna WhatsApp versi beta. Belum diketahui kapan fitur chat WhatsApp ke nomor sendiri akan tersedia dalam versi stabil bagi seluruh pengguna. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com